magista scarpe da calcio PCC Belum Masuk Hukum


PCC Belum Masuk Hukum


BATU - Diantara 69 narkoba jenis baru, sembilan jenis belum masuk dalam konstruksi hukum. Dengan begitu, hanya hanya 60 narkotika baru yang sudah masuk dalam konstruksi hukum sehingga sembilan jenis narkoba tersebut menjadi ancaman serius.
Hal ini dikemukakan Deputi Pencegahan BNN, Ali Jauhardi sesaat setelah menandatangani kesepakatan dengan Pajero Owners Community (POC) Indonesia di Golden Tulip Holand Resort Kota Batu, Jumat (22/9) malam.
Fakta ini menjadikan narkoba jenis baru ini menjadi ancaman serius dibandingkan narkotika jenis lainnya. Di samping itu, perkembangan sangat cepat untuk menjadi sebuah ancaman.
“Bukan berarti narkoba yang lama tidak berbahaya. Tapi narkoba jenis baru ini menjadi ancaman serius dibandingkan narkoba lainnya, karena perkembangannya sangat cepat,” ujar Ali.
Dari sembilan jenis baru tersebut, terdapat juga PCC yang efeknya bisa mengakibatkan kematian dalam sekejap. Di dunia ini, menurut Ali Jauhardi terdapat kurang lebih 800 jenis narkoba jenis baru. Dilihat dari sisi konsumennya, Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi pasar peredaran gelap narkoba ini.
Menurut Ali, narkoba jenis baru ini menyasar konsumen anak-anak sekolah. Padahal selama ini Indonesia pangsa pasar terbesar narkoba, usia yang disasar adalah usia 20 tahun hingga 54 tahun.
“Artinya sindikat narkoba saat ini ingin memperluas pangsa pasarnya, dengan menjual narkoba kepada pengguna di bawah 20 tahun. Bahkan anak SD dan balita pun sudah terkontaminasi narkoba. Dan ini fakta,” tegasnya.
Untuk mengatasi masalah ini, BNN pusat menggunakan strategi demand and supply reduction.  Dari sisi suplay, BNN melakukan upaya melepaskan mata rantai supaya tidak ada penyelundupan dan peredaran gelap narkotika dengan cara melalukan penegakan hukum.
Dari sisi demand, pihaknya mengajak komponen masyarakat untuk bersama-sama menyadarkan masyarakat atas bahaya narkoba hingga tergerak melakukan penolakan terhadap narkotika.
Jawa Timur saat ini berada di peringkat lima besar Indonesia pengguna narkoba. Karena itu Ali mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membentengi diri dari narkoba.  “Narkotika bukan hanya mengancam orang per orang, tapi sudah mengancam eksistensi negara ini,” ujarnya.
Sementara itu, BNN pusat membuat memory of understanding (MoU) dengan Pajero Owner Community (POC) Indonesia. Penandatanganan ini dilaksanakan disela pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) ke-5 di Golden Tulip Holand Resort Kota Batu. Penandatanganan ini dilakukan oleh Ali Jauhardi bersama Joko Triyono, Ketua POC.
Hadir pula Syaifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim serta sejumlah undangan. Gus Ipul, panggilan akrab Syaifullah Yusuf mengatakan, tidak hanya kota besar yang menjadi sasaran narkoba saat ini. Namun kota kecil seperti Sampang Madura juga menjadi tempat peredaran gelap narkoba. “Kita apresiasi langkah POC yang ikut andil dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba,” ujarnya.
Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melindungi diri dan keluarga dari ancaman narkoba. Pria yang disebut-sebut bakal calon Gubernur Jatim ini juga mengajak komunitas di Jawa Timur untuk melakukan langkah nyata. (dan/feb)

Berita Lainnya :