Kangen Keluarga, Pulang Langsung Diciduk

 
MALANG – Pelarian Rusadi Wahyu Prasetyo alias Peros, 28 tahun, dari kejaran polisi berakhir. Setelah hampir empat tahun menjadi buronan, warga Dusun Gombangan, Desa Tumpakrejo, Gedangan ini, akhirnya berhasil dibekuk akhir pekan kemarin. Ia ditangkap karena kasus pencurian Udang Windu milik Carles, di area tambak Desa Tumpakrejo, Gedangan.
Tersangka ditangkap di rumahnya setelah petugas mendapat informasi kepulangannya. Selama ini, tersangka bersembunyi dari sergapan polisi dengan menjadi nelayan di tengah laut. Barang bukti yang diamankan adalah sebuah jala yang digunakan untuk mencuri.
“Pelakunya dulu ada tiga orang. Dua orang temannya sudah lebih dulu ditangkap sesaat setelah kejadian. Sedangkan tersangka Peros, selama ini kabur dengan menjadi nelayan,” jelas Kapolsek Gedangan, AKP Nuryono.
Aksi pencurian dilakukan pada awal Desember 2013 lalu. Saat itu tersangka bersama dengan dua temannya, mendatangi tambak Udang Windu milik korban, yang dekat dengan pesisir pantai. Tujuannya mereka memang untuk mencuri.
Modus operandinya, ketiganya masuk ke dalam tambak dengan menjebol pagar. Mereka beranggapan bahwa lokasi tambak tidak ada yang menjaga. Setelah berhasil masuk, dengan menggunakan jalan tersangka dan temannya lantas menjaring Udang Windu.
Namun belum sempat mendapatkan hasil, aksinya dipergoki oleh penjaga tambak. Saksi lantas berteriak maling, hingga membuat ketiga tersangka ketakutan. Dua pelaku berhasil diamankan oleh warga, sedangkan tersangka Peros, saat itu melarikan diri dengan memanfaatkan situasi yang gelap.
Dari pengakuan kedua pelaku yang tertangkap, identitas Peros terkuak. Setelah hampir empat tahun diburu, akhirnya Peros berhasil ditangkap ketika pulang ke rumahnya, lantaran kangen dengan keluarganya.
“Ketika kami amankan dia tanpa melakukan perlawanan. Tersangka juga mengakui ikut mencuri Udang Windu. Pengakuannya baru sekali saja, namun kami masih mengembangkan kasusnya,” ujar mantan Kapolsek Dampit ini.(agp/jon)

Berita Lainnya :