Bekuk Komplotan Pencuri Jeruk

 
MALANG - Operasi Sikat Semeru 2017, berhasil mengungkap sejumlah pelaku kejahatan yang selama ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Kali ini Polsek Tumpang bersama Unit Opsnal Reskrim Polres Malang, menangkap seorang buronan kasus pencurian pemberatan (curat), yang selama setahun ini menjadi DPO.
Tersangkanya, Aldi Firman Kurniansyah, 28 tahun, warga Dusun Gagakasinan, Desa Sumberpasir, Pakis. Ia dibekuk di rumahnya setelah selama ini, kabur ke Jawa Barat. Barang buktinya adalah 12 karung berisi jeruk serta tas ransel berisi gunting dan tali rafia.
"Pelakunya ada tiga orang. Satu sudah menjalani hukuman dan satu lagi masih buron. Identitasnya sudah kami kantongi dan saat ini masih kami buru," ungkap Kapolsek Tumpang, AKP Yusuf Suryadi.
Aksi pencurian terjadi pada 31 Juli 2016 lalu. Tersangka Aldi bersama dengan dua temannya mencuri buah jeruk di kebun milik Ngateman, di Desa Wringin Songo, Tumpang. Mereka beraksi dengan mengendarai mobil Avanza.
Modusnya pelaku masuk ke dalam kebun dengan menjebol pintu belakang. Setelah masuk, mereka lantas memetik buah jeruk dimasukkan ke dalam karung. Selanjutnya buah jeruk yang terkumpul dimasukkan ke dalam mobil.
Terungkapnya aksi pencurian saat itu, berawal ketika korban mendapat informasi bahwa akan ada pencurian jeruk di kebunnya. Selanjutnya korban bersama dengan warga melakukan penyanggongan di sekitar kebun.
Saat itulah, korban dan warga melihat ada mobil masuk dalam kebun. Mereka lantas mengepung dan menangkap. Seorang pelaku yakni Farid Bambang Suroso, warga Sumberayu, Jabung berhasil ditangkap. Sedangkan dua pelaku lain berhasil kabur.
Pelaku yang tertangkap lantas diserahkan ke petugas Polsek Tumpang bersama dengan barang buktinya. Dari pengakuan pelaku inilah, nama kedua pelaku yang kabur berhasil diketahui.
"Ketika kami tangkap tersangka Aldi ini tanpa melakukan perlawanan. Ia mengakui aksi pencurian jeruk bersama dengan dua temannya," tuturnya.(agp/jon)

Berita Lainnya :