Spesialis Bobol Rumah Kosong Dibekuk

 
MALANG – Dua spesialis pembobol rumah kosong, berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Donomulyo, Kamis kemarin. Mereka ditangkap terkait pencurian di rumah Sumirah, 55, di Dusun Ngendeng, Desa Sumberoto, Donomulyo. Keduanya dibekuk setelah tiga bulan lebih menjadi buruan polisi.
Mereka, Mulyono alias Mul, 36 tahun, warga Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, serta Suhartono alias Grandong, 33 tahun, warga Jalan Salak, Dusun Kebon Alas, Desa Kemulan, Kecamatan Turen. Barang buktinya, sebilah bedok, tas hitam, sepotong celana jeans dan sepotong kaos lengan pendek.
“Barang yang kami amankan tersebut, untuk barang bukti pengganti. Karena perhiasan yang mereka curi sudah terjual,” ujar Kanitreskrim Polsek Donomulyo, Ipda Ari Yuswanto.
Pencurian terjadi siang hari pada 14 Juni 2017 lalu. Rumah korban saat itu sedang kosong. Sumirah serta keluarganya pulang ke rumah lainnya di Dusun Sidomulyo, Desa Wates, Blitar. Kedua pelaku masuk ke dalam rumah dengan mencongkel jendela samping.
Sebelum beraksi, mereka terlebih dahulu keliling mencari sasaran. Rumah yang diincar adalah rumah kosong. Untuk mengetahui tidak ada penghuninya, kedua tersangka mengamati dari pintu pagar yang digembok.
Kebetulan saat itu, rumah Sumirah sedang kosong. Selanjutnya untuk memastikan sepi, mereka melemparkan batu. Jika tidak ada reaksi, maka rumah tersebut kosong. Kemudian setelah mengawasi kondisi sekitar sepi, mereka lantas beraksi.
“Dari dalam rumah korban tersebut, mereka mencuri perhiasan emas dan sebuah BPKB motor,” tuturnya Ari.
Perhiasan emas tersebut sudah terjual dan hasilnya dibagi dua. Uangnya habis untuk makan, mencukupi kebutuhan keluarga serta membeli pakaian.“Mereka ini spesialis rumah kosong. Masih ada TKP pencurian lagi yang masih kami kembangkan,” terangnya.
Terungkapnya mereka, berawal saat petugas mendapat informasi adanya transaksi penjualan BPKB. Setelah diselidiki, ternyata BPKB motor milik korban yang dicuri, hingga akhirnya mereka berdua tertangkap.(agp/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...