12 Hari Ungkap 78 Kasus

 
MALANG – Luar biasa! Dalam kurun waktu 12 hari, Polres Malang dan Polsek jajaran berhasil mengungkap 78 kasus kejahatan dengan 75 tersangka dalam Operasi Sikat Semeru 2017. Hasil itupun, membuat Polres Malang berada di peringat ketiga di tingkat Polda Jawa Timur.
Peringkat pertama adalah Polrestabes Surabaya. Kemudian disusul Polres Jember yang ada diperingkat kedua. Baru peringkat ketiga adalah Polres Malang. Hasil tersebut, berkat kerja keras seluruh anggotanya.
“Operasi Sikat Semeru ini dilaksanakan mulai tanggal 18 – 29 September. Ada empat fokus kami dalam operasi sikat tersebut, yakni curas, curat, curanmor serta sajam,” terang Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung.
Menurutnya, dari 78 kasus kejahatan yang diungkap tersebut, rinciannya 46 kasus pencurian dengan pemberatan (curat), 4 kasus pencurian dengan kekerasan (curas), 16 kasus kedapatan membawa senjata tajam (sajam), senjata api (senpi) dan bahan peledak (handak), serta 12 kasus curanmor.
“Dari beberapa kejahatan tersebut, untuk barang bukti yang kami amankan adalah selain belasan sepeda motor, juga beberapa senjata tajam. Termasuk 56 amunisi caliber 5,56 x 45 milimeter,” jelas Ujung.
Semua tersangka yang tertangkap tersebut, lanjutnya beberapa diantaranya adalah masuk dalam target operasi (TO) dan daftar pencarian orang (DPO). Mereka diproses sesuai dengan prosedur hukum.
Dikatakan Ujung, dari 75 tersangka kejahatan tersebut, salah satu tersangka terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di kakinya. Yakni, tersangka kasus perampokan di Desa Druju, Sumbermanjing Wetan. Polisi terpaksa menembak kakinya lantaran berusaha kabur dan melawan ketika akan ditangkap.
Sementara itu, disisi lain, Ujung juga menyerahkan dua sepeda motor yang menjadi barang bukti kejahatan kepada pemiliknya. Salah satunya kepada Azam, warga Kecamatan Sukun, Kota Malang serta Timbul, warga Dempok, Kecamatan Pagak. Motor Azam, bisa kembali setelah tiga tahun hilang. Sedangkan milik Timbul, motornya kembali setelah sebulan hilang dicuri.
“Dulu motor saya bagus, namun sekarang kondisinya sudah jelek. Tetapi saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Polres Malang, yang bisa menemukan motor saya setelah lama hilang dicuri,” papar Azam yang ditimpali amin oleh Timbul.(agp/jon) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...