Suplai Sabu ke Malang

 
MALANG – Fahrul Nadarsyah 33 tahun warga Jalan P Antasari RT 17 Sumber Rejo Balikpapan Timur langsung lemas mendengar putusan kasusnya di PN Malang, awal Oktober 2017 lalu. Fahrul terbukti bersalah di mata para hakim PN Malang, setelah mengedarkan 20 gram sabu-sabu di daerah Lowokwaru.
“Terdakwa Fahrul Nadarsyah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana secara tanpa hak menjual narkotika golongan 1, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara 5 tahun,” kata Hakim Ketua pemimpin sidang, Isnurul Syamsul Arif, dalam amar putusan PN Malang.
Sepak terjang Fahrul sebagai pengedar sabu di Kota Malang, tak lepas dari suplai yang diterima pengangguran tersebut dari pengedar asal Jakarta bernama Budi (DPO). Tiga bulan lalu, dia berkenalan dengan Budi yang bisa menyediakan sabu-sabu senilai Rp 750 ribu per gram. Fahrul lalu memesan 20 gram dengan harga total Rp 15 juta.
Sabu-sabu ini diselundupkan di dalam kotak makanan ringan dan dikirim melalui paket JNE di rumah kos Fahrul Jalan Sudimoro Mojolangu. Setelah menerima barang haram ini, Fahrul langsung bergerak dan menjual kristal meth kepada empat pengedar lain, bernama Sahrul Adim, Amir, Soni dan Arif.
Kepada para pengedar di Malang, Fahrul menjual satu gram sabu seharga Rp 1 juta. Dia mengambil keuntungan Rp 250 ribu dari tiap gram sabu yang dibeli orang lain. Fahrul kena batunya setelah Sharul Adim alias Komo diciduk oleh Satnarkoba Polres Batu di Jalan Yudhistira Desa Pendem Junrejo.
Dari pengakuan Sharul, polisi melakukan pengembangan dan menangkap Fahrul di kos-kosannya saat sedang tertidur lelap. Fahrul berusaha mengelak ketika ditangkap polisi. Hanya saja, bukti transaksi yang terlampir di smartphone iPhone dan Samsung membuatnya tak berkutik.
Sharul mengaku membeli sabu dari Fahrul sebanyak lima kali. Jaksa Penuntut Umum Kejari Batu Noor Afifa menuntut Fahrul dengan 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar. PN Malang, memberi putusan lima tahun, setahun lebih ringan dari tuntutan jaksa.(fin/jon)
 

Berita Lainnya :