Siang Hari, Pencuri Gasak Dua Laptop di Ruang BKD


BATU - Keterbukaan akses di Balai Kota Among Tani dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Seorang maling berpakaian necis mengobok-obok ruangan Keuangan, Badan Keuangan Daerah (BKD) yang berada di Balai Kota Among Tani.
Maling laptop ini memanfaatkan momen salat Jumat untuk mengobok-obok, Balai Kota Among Tani. Kedua laptop tersebut adalah milik Dicky dan Patra, pegawai BKD yang saat itu keduanya sedang salat Jumat.
Siang itu, kedua laptop ini dalam posisi di install, hingga dibiarkan tergeletak di meja kerja sambil menunggu proses. Peristiwa ini baru diketahui saat keduanya pulang dari masjid dan hendak meneruskan proses install.
 “Biasanya kalau sedang Salat Jumat, ada saja pegawai wanita yang di dalam kantor. Tapi tadi pas kebetulan ada acara Dharma Wanita sehingga semuanya konsentrasi pada kegiatan tersebut,” ujar salah satu pegawai BKD yang enggan disebut namanya.
Usai Salat Jumat, kedua pegawai ini sempat kebingungan mencari laptopnya. Awalnya mereka mengira kalau laptop diamankan oleh temannya. Namun ketika dicek ternyata tidak ada yang menyimpan, mereka pun melaporkan kejadian ini ke UPT Block Office. Dua laptop yang hilang ini tidak berisi dokumen penting kedinasan.
Ka UPT Block Office Adi Santoso ketika dikonfirmasi mengatakan pasca mendapatkan laporan itu, pihaknya langsung mengecek CCTV Balai Kota Among Tani. Dari situ terlihat pelaku adalah seorang laki-laki yang berusia kurang lebih 45 hingga 50 tahun, bertubuh gendut membawa tas rangsel.
Pria berkacamata dan menggunakan arloji ditangan kirinya ini menggunakan batik dan celana kain layaknya pegawai ASN. Dari CCTV  terlihat pelaku dengan tenang masuk ke dalam ruangan, layaknya kantornya sendiri, dengan leluasa ia mengambil satu laptop dan memasukkannya ke dalam tas rangsel warna hitamnya.
Sambil tolah toleh sebentar melihat kondisi sekitar dan mencari barang berharga lain, pria yang wajahnya terekam CCTV ini kembali memasukkan sebuah laptop ke dalam rangsel miliknya, kemudian ngeloyor pergi.
Petugas UPT Block Office pun melakukan tracking terhadap seluruh gambar yang terekam dalam CCTV. Ternyata pria ini masuk melalui gang antara kantor BPBD dan Satpol PP yang berada di sisi Timur.
Kemudian, laki-laki ini menuju lorong Gedung Blok A sambil menelepon sambil berjalan menuju lift. Saat di Lift ia bertemu dengan beberapa orang pegawai, kemudian pelaku memilih naik ke lantai empat dengan menggunakan tangga.
Di depan ruangan Plt Wali Kota Batu, Punjul Santoso, yang bersangkutan sempat mengintip kaca pintu ruangan, kemudian berjalan mondar mandir beberapa saat. Kemudian ia naik ke lantai lima.
Di tempat ini pelaku melakukan hal yang sama, mungkin karena dianggap sepi, akhirnya pelaku turun ke lantai bawah dan menuju ke ruangan keuangan BKD kemudian mengambil dua laptop tersebut. “Ini saya mau melaporkan kejadian itu ke Pak Punjul,” jelasnya saat dikonfirmasi.
            Punjul Santoso ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Ia meminta kepada Kepala UPT BO untuk melakukan analisa. “Kita akan evaluasi sistem keamanan di Balai Kota Among Tani ini,” ujarnya. (dan/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...