Pemuda Wajak, Bawa 616 Pil Koplo


MALANG – Polsek Wajak berhasil mengamankan remaja penjual pil koplo berinisial LH, 17 tahun, asal Dusun Meduran, Desa Kidangbang, Kecamatan Wajak. Tersangka yang masih dibawah umur terbukti membawa 616 butir pil koplo saat terjaring operasi di rumah temannya berinisial RZ di Dusun Meduran, Kecamatan Wajak Senin (16/10) sekitar pukul 19.00 WIB.
Menurut Kapolsek Wajak AKP Sutomo, penangkapan RZ merupakan hasil dari informasi yang diterima oleh masyarakat sekitar. Warga merasa terganggu akibat kegiatan yang dilakukan tersangka bersama teman-temanya hingga larut malam.
“Selain dari informasi masyarakat, penangkapan tersangka LH juga merupakan hasil pengembangan dari penggeledahan yang dilakukan pihak kami kepada salah satu tersangka yang berinisial KA saat sedang asyik berpesta di rumah RZ Senin lalu,” ujar Sutomo kepada Malang Post.
Dari informasi yang didapat dari KA selaku pemakai, lanjut Sutomo, pihaknya langsung menangkap LH yang merupakan penjual pil koplo di rumahnya.
“Saat kita lakukan penggeledahan, di rumah tersangka kita dapati 616 butir pil koplo siap edar dan uang tunai sebesar Rp 195 ribu hasil dari penjualan pil,” bebernya.
Sementara, dalam menjual barang haram tersebut LH, mencari target di kalangan pelajar dan remaja. Setiap tik yang berisi tujuh butir dijualnya dengan harga Rp 10 ribu.
Dengan tertangkapnya LH, Polsek Wajak akan terus melakukan pengembangan lidik untuk mencari jaringan pengedar yang lebih besar lagi. Pihaknya juga menyatakan telah mengantongi identitas jaringan pengedar di atasnya dan telah masuk dalam daftar pencarian orang.
“Akibat dari perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan pasal 196 atau 197 undang-undang kesehatan no 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman kurungan maksimal 10 tahun,” pungkas Sutomo. (eri/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :