Ribuan Ekor Baby Lobster Diselundupkan



MALANG - Sindikat penyelundupan baby lobster sebanyak 8.400 ekor berhasil dibekuk oleh Polsek Poncokusumo, kemarin sore. Pelakunya adalah Ahmad Eni Pujianto, 42, bersama kelima orang temannya yang saat ini telah diamankan di Polsek Poncokusumo.
Mereka ditangkap dirumah Ahmad Eni yang terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Penggerebekan kepada enam tersangka terebut dikarenakan tidak memiliki surat izin dari pihak berwenang untuk memperjual belikan baby lobster.
Pelaku yang saat ini berhasil diamankan petugas karena hasil informasi yang didapat dari masyarakat.
"Selain melakukan penangkapan terhadap Ahmad Eni Pujianto, kita juga berhasil menangkap kelima temannya di rumah Ahmad,” kata Kapolsek Poncokusumo, AKP Agus Siswo Hariyadi.
Dari informasi yang didapat,  baby lobster tersebut rencananya akan dikirim ke Bandung. “Dimana dari total keseluruhan 8.400 baby lobster yang akan dikirim tersebut sudah terbagi menjadi tiga dus, yang masing-masing dus berisi 14 plastik. Dengan setiap platik berisi 200 ekor baby lobster,” imbuhnya.
“Keenam pelaku yang diduga berperan sebagai distributor itu kini telah diamankan. Untuk selanjutnya mereka akan kami serahkan ke Sat Resktim Polres Malang untuk menjalani pemeriksa lebih lanjut,” papar AKP Hariadi.
Akibat dari perbuatan yang dengan sengaja menjual dan memperdagangkan baby lobster untuk keuntungan sendiri tanpa memiliki ijin dari pihak berwenang, keenam pelaku akan di jerat dengan Undang-undang Nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan. (eri/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :