Api Lalap Gudang Audio Excel


 
MALANG - Gudang audio variasi Excel milik Joko Hartono, 53, warga Jalan Ki Ageng Gribig RT07 RW03 Lesanpuro, Malang hangus dilalap api. Sore kemarin, api menyambar di dalam gudang peralatan sound system untuk mobil itu. 
Akibatnya, atap gudang dan perkakas di dalamnya amblas ditelan si jago merah. Kepala UPT Damkar Pemkot Malang, Jose Bello menyebut dugaan awal penyebab kebakaran adalah kelalaian saat mengisi baterai handphone. 
“Dugaan awal, api berasal dari handphone yang ditinggal saat sedang di-charger,” kata Bello.
Pemiliknya sendiri maupun warga sekitar, tidak tahu pasti apa penyebab kebakaran yang merontokkan atap gudang dan menghanguskan peralatan dan perabotan di dalam. 
Warga langsung berupaya memadamkan api meskipun hanya memakai alat seadanya. Sembari menunggu mobil damkar datang, masyarakat memakai ember dan air di sekitar gudang, untuk mematikan api.
“Pak RT langsung telepon kami, kita luncurkan empat unit mobil pemadam kebakaran untuk mengatasi api di gudang milik pak Joko,” kata Bello.
Dengan banyaknya bahan mudah terbakar di dalam gudang, api masih bandel melakukan pemadaman. 
Sekitar, 15 menit kemudian, petugas Damkar Kota Malang dan empat unit mobil pungk Bello menyebut proses pemadaman api hingga pendinginan tuntas, memakan waktu kurang lebih satu jam.  
Proses pemadaman terhadap titik api yang melalap bahan mudah terbakar seperti plastik dan kayu, memakan waktu lebih lama. Pukul 15.50, api berhasil dipadamkan seluruhnya.
“Kerugian materiil diperkirakan Rp 50 juta,” kata Bello. 
Sementara itu, pihak Polsek Kedungkandang melakukan olah TKP usai kebakaran. Polisi masih melakukan penyelidikan terkait penyebab sebenarnya dari api yang menghanguskan gudang servis audio system mobil ini. (fin/mar)

Berita Lainnya :