Dekati Gadis, Ngaku Polisi


BLITAR - Ada saja cara yang dilakukan Riyan Abdi Saputro, 32, untuk menarik simpati wanita pujaannya. Tak hanya mengaku sebagai anggota polisi di Polres Malang. Dia pun percaya diri memampang gayanya di akun Facebook dengan nama Farel Saputra.
Rupanya, caranya ini ampuh membuat DK, 32, wanita asal Desa Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar terperdaya. Bahkan, tak segan Riyan sering menginap di rumahnya tanpa hubungan ikatan perkawinan dan tanpa lapor ketua RT setempat.
Kelakuan warga Dusun Sumber Wader RT002 RW 003, Desa Sumberagung, Kecamatan, Selorejo, Kabupaten Blitar ini, terungkap setelah warga sekitar Desa Gedog melaporkannya ke polisi.
“Kami cross cek dengan anggota Buser Satreskrim dan Propam Polres Blitar Kota, ternyata yang bersangkutan ini bukan anggota polisi. Jadi dia dan pasangannya kami amankan untuk diinterogasi provost,” jelas Kasatreskrim Polresta Blitar, AKP Heri Sugiono.
Ternyata, DK dan keluarganya baru menyadari tipu muslihat Riyan, setelah rumah mereka didatangi polisi. “Dia dan keluarganya merasa dipermalukan dan dirugikan karena rumahnya didatangi banyak orang,” papar perwira ini.
Dalam keterangannya, DK mengaku mengenal Riyan sejak bulan Juni lalu. Mereka berkenalan lewat Facebook. Dari pertemanan di media sosial itu, komunikasi terjalin semakin dekat. Hingga Riyan kerap menginap di rumahnya dan akan dijadikan menantu oleh orang tuanya.
Lebih lanjut, Heri ini mengimbau masyarakat tidak langsung percaya dengan status seseorang di akun media sosial. “Kalau ada yang merasa dirugikan silahkan lapor ke kami. Masyarakat hati-hati jika ada yang mengaku anggota Polri,” pintanya.
“Silahkan cek KTA Kartu anggota. Serta cek di kesatuannya. Apa benar ada anggota yang bernama ini atau tidak. Jangan langsung percaya dengan status pekerjaan seseorang hanya lewat media sosial saja,” pungkas Heri. (dk/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...