Mangkal di Terminal, Siswa Bolos Dirazia

 
MALANG – Polsek Blimbing melakukan razia terhadap siswa bolos Senin (23/10) pagi kemarin. Dalam razia yang dipimpin Wakapolsek Blimbing AKP Khusnul, anggota Bhabinkamtibmas menjaring sembilan siswa setingkat SMA yang mangkal di Terminal Arjosari dan warung-warung di sekitarnya. Para siswa tersebut, masih berpakaian seragam sekolah saat terciduk Polsek Blimbing.
“Kita melakukan antisipasi kenakalan remaja dan pembinaan, kami tidak ingin generasi muda mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan terjerumus dalam pergaulan buruk,” kata Khusnul di Polres Makota kemarin. 
Dalam operasi, anggota Polsek Blimbing melihat sembilan siswa SMA yang sedang nongkrong di pinggir jalan, saat jam sekolah. Para siswa dari sekolah menengah atas swasta tersebut melontarkan berbagai macam alasan ketika ditanyai polisi tentang alasannya tidak berada di sekolah. 
Menurut Khusnul, ada yang beralasan terlambat. Ada pula yang berdalih lupa mengerjakan tugas. Lalu, alasan paling ironis, adalah para siswa ini mengaku malas bersekolah. Saat terciduk Polsek Blimbing, mereka diberi sanksi sosial oleh petugas.“Kita menyuruh mereka membuat surat pernyataan, bahwa mereka tidak akan mengulangi perbuatan nakal mereka bolos sekolah,” kata Khusnul. 
Dia mengatakan, sanksi seperti menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya hingga menghapal Pancasila juga akan diterapkan.
Menurut Khusnul, operasi dan razia ketentraman lingkungan seperti ini, akan dilakukan secara mendadak dan tidak terjadwal. Dia menyebut operasi bolos sekolah ini diharapkan memberi efek jera bagi para siswa yang berani nongkrong di warung atau terminal saat jam pelajaran. Polsek Blimbing tidak sendirian dalam menertibkan lingkungan kondusif.
Selain menjalankan operasi rutin, Polsek Blimbing juga siap bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang, untuk semakin aktif melakukan razia siswa bolos. Menurut perwira dengan tiga balok emas di pundaknya itu, operasi siswa bolos bisa menekan kenakalan remaja.(fin/jon) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :