Gandeng Netizen Perangi Hoax


 
MALANG - Polres Malang sebagai aparat keamanan terus gencar memerangi berita hoax, yang selama ini meresahkan masyarakat. Selain membentuk tim khusus anti hoax dan kejahatan dunia maya, juga menggandeng netizen. 
Pertemuan di Ijen Suites Hotel Kamis malam lalu, dengan Komunitas Peduli Malang (KPM) menjadi ajang kebersamaan untuk sama-sama memerangi berita bohong. Dalam pertemuan yang dikemas silaturrahmi tersebut, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, mengajak netizen KPM untuk turut serta mengikis berita hoax. 
Karena berita bohong yang kerap muncul di media sosial (Medsos), banyak menyerang perorangan, organisasi maupun kelompok. Bahkan menurutnya, tidak jarang peperangan terjadi karena adanya berita hoax. 
Berita bohong disebar untuk memecah belah bangsa. Banyak oknum tidak bertanggungjawab yang menyebarkan, untuk kepentingan bripadi maupun golongan.
“Karenanya dengan silaturahmi ini, kami mengajak seluruh anggota netizen KPM, bersinergi atau bersama-sama untuk memerangi berita hoax,” terang Ujung, sapaannya.
Wakapolres Malang, Kompol Decky Hermansyah menambahkan, KPM dipilih karena memiliki follower atau anggota yang sangat banyak pada Medsos facebook (FB). Lebih dari 318.166 orang yang menjadi pengikutnya. Apalagi pengikutinya bukan hanya berasal dari Malang saja, tetapi ada beberapa dari luar Malang. 
“Mereka ini, merupakan mitra kami. Kami mengajak untuk bersama-sama menjaga situasi di Malang Raya, terutama Kabupaten Malang untuk tetap aman dan kondusif. Jangan sampai menyebar berita hoax lagi di media sosial,” jelas Decky.
Ia berharap, ketika ada berita hoax, admin netizen KPM diminta untuk klarifikasi kebenarannya terlebih dahulu. Jika memang tidak benar, maka berita bohong tersebut untuk segera dihapus. Sehingga tidak sampai menimbulkan permasalahan dan bisa merusak suasana yang kondusif.
“Tidak hanya netizen Komunitas Peduli Malang saja, kami juga akan menggandeng beberapa netizen atau komunitas lainnya, yang memiliki anggota cukup banyak,” tutur mantan Kabag Ops Polres Malang ini. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...