Bekuk Tukang Gendam Antarkota


 
MALANG - Selincah-lincahnya Doddy Robien Daulia, 59, melakukan aksi gendam akhirnya tertangkap juga. Dia diamankan anggota Polsekta Blimbing di depan kantor PT Taspen, Jalan Raden Intan, Malang, Rabu (25/10).  
Informasi yang didapat,  sebelum tertangkap, warga Jalan Tembok Dukuh VIII/6 RT10 RW01 Kelurahan Tembok Dukuh, Kecamatan Bubutan, Surabaya ini sedang menjalankan aksi gendamnya yang keempat di Terminal Arjosari. 
Kanitreskrim Polsek Blimbing, Iptu Yoyok Ucuk mengatakan Doddy berusaha memperdayai Widya Anggreni, 20, asal Kecamatan Kari, Kabupaten Karawang Jawa Barat.
“Masyarakat melapor ke kami bila ada tukang gendam beraksi,” ujarnya.
Pelaku, kata dia, mengajak ngobrol korban dan memberikan beberapa barang berharga yang dimiliki ke dalam tas kresek hitam yang dibawanya. Setelah barang-barang milik korban diberikan, Doddy berusaha beranjak pergi.
Rupanya, korban sudah keburu sadar dengan perbuatan Doddy tersebut. Mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Malang ini meminta pertolongan kepada petugas dan beberapa pengunjung terminal untuk melaporkan peristiwa yang dialaminya. 
“Modus yang dilakukan pelaku gendam dengan menyasar kortban yang masih lugu, untuk kemdian diajak ngobrol. Setelah asik ngobrol barulah korban dimintai uang sejumlah Rp 100.000 dan HP dengan janji akan digandakan menjadi Rp 300.000,” papar perwira ini.
“Setelah korbnan percaya, pelaku memberikan kembali tas kresek hitam yang sama namun berisi lipatan kertas,” tegasnya.
Dalam pemeriksaan, Doddy mengaku sudah pernah melakukan hal serupa di Blitar, Kediri dan Kertosono.
“Saya belajar ilmu gendam di Blitar,” ucapnya.  (eri/mar)

Berita Lainnya :