Penyelidikan Polisi Jalan di Tempat


 
MALANG - Kasus kecelakaan kerja di Pabrik Gula (PG) Kebonagung, Pakisaji, yang menewaskan seorang karyawan Sabtu (7/10) lalu, bakal ditentukan dalam minggu ini. Penyidik Reskrim Polres Malang, akan gelar perkara untuk menentukan langkah selanjutnya. 
Demikian disampaikan Kasatreskrim AKP Azi Pratas Guspitu, kemarin.
“Kemungkinan minggu ini, kasusnya akan kami gelar dengan penyidik. Kami sudah koordinasi dengan Polda Jatim, kalau hasil Labfor akan dikirim pada minggu ini,” terang Azi, panggilannya.
Seperti diberitakan, Yaspar, 54, warga Jalan Sidodadi, Desa Kebonagung, Pakisaji tewas mengenaskan. Karyawan PG Kebonagung ini, meregang nyawa Sabtu (7/10) setelah tergencet bagian mesin penggilingan. Padahal tahun depan ia sudah masuk masa pensiun.
Kronologisnya, pagi itu korban sedang memperbaiki salah satu mesin giling yang rusak. Ada lima mesin giling di dalam area tersebut, yang rusak adalah mesin nomor empat. Supaya mesin bisa difungsikan lagi, harus mengganti pinion dan pemasangan fiendes fleksibel kopling.
Karena berat alat tersebut hampir sekitar dua ton, maka untuk mengangkatnya menggunakan crane. Di tengah pengerjaan itulah, ketika sudah terangkat setengah, tiba-tiba salah satu seling crane putus. Akibatnya fiendes fleksibel tersebut terguling dan langsung menimpa tubuh korban. 
Azi mengatakan, hasil Labfor dari Polda Jatim, akan menjadi panduan penyidik untuk gelar perkara. Penyidik Satreskrim Polres Malang, juga menunggu apa ada petunjuk baru dari Polda Jatim. 
“Sejauh ini, kami masih belum ada pemeriksaan saksi tambahan,” ungkapnya.
Terkait unsur kelalaiannya, Azi mengatakan masih menunggu hasil gelar perkara. Jika memang dalam gelar ada unsur kelalaian, polisi akan meningkatkan kasusnya ke tingkat penyidikan.
“Nanti dilihat dari hasil gelar perkaranya,” tutup dia. (agp/mar)

Berita Lainnya :