Puting Beliung Terjang Dalisodo, 22 Rumah Rusak


MALANG – Hujan deras membawa bencana di Desa Dalisoso, Kecamatan Wagir. Sebanyak 22 rumah mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi di wilayah tersebut. Beberapa pohon bertumbangan dan tiang listrik roboh diterjang angin kencang.
Informasi yang berhasil dihimpun Malang Post, bencana terjadi pukul 16.30 WIB. Saat itu, terjadi hujan deras disertai angin kencang. Tidak lama berselang, angin puting beliung datang memporak-porandakan tempat tersebut.  Dua dari 22 rumah mengalami rusak berat adalah rumah milik Jais dan Lukman Hakim yang merupakan warga Dusun Precet, Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir.
Bencana ini sempat menghebohkan dunia maya. Informasi adanya bencana itu disebarkan oleh pemilik akun Facebook bernama “Kacong Horeg”. Akun tersebut meng-upload angin putting di Grup Komunitas Peduli Malang  “Pak PLN mohon bantuan tiang listrik roboh di Precet, Dalisoso, Wagir,” tulis akun tersebut.
Postingan akun tersebut, langsung ditanggapi ratusan komentar. “Semoga lekas teratasi,” tulis akun bernama Indra Bundane Fasha.
Tagana Kabupaten Malang pun langsung bergerak. Menurut Humas Tagana Kabupaten Malang Ali Usman, pihaknya langusng menerjunkan anggota ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan. “Info awal bencana disampaikan Kasun Precet, Bapak Yasin. Kemudian kami tindaklanjuti dengan melakukan pendataan,” ujar Ali Usman kepada Malang Post, kemarin.
Dia mengatakan, dua rumah yang rusak berat sudah dirobohkan oleh warga, sebab kondisinya membahayakan. Tagana juga akan memberikan bantuan berupa sembako, pakaian dan juga terpal. “Setelah kami lakukan pendataan, maka langsung pendistribusian bantuan,” imbuhnya.
Kepala BMKG Karangploso, Joko Budi Utomo ST mengatakan, sesuai prediksi awal bulan November ini dimulai musim penghujan. “Kami imbau kepada masyarakat untuk waspada selama musim penghujan. Kami juga telah berkoordinasi dengan BPBD untuk mengupdate kondisi cuaca terkini. Setiap ada perubahan cuaca yang sangat signifikan, kami menyampaikannya kepada BPBD dan masyarakat,” jelasnya. (big/han)

Berita Lainnya :

loading...