Diduga Hendak Curi Motor di Warung

 
MALANG – Polsek Lowokwaru mengamankan seorang pemuda yang diduga hendak melakukan tindak pencurian motor. Hal ini diketahui Jumain, 51 tahun warga Jalan Tlogomas gang 8. Kejadian berawal dari kedatangan pemuda tidak dikenal, sebut saja namanya Dul Kubam 17 tahun di toko milik Jumain, pada Minggu 5 November 2017 lalu.
Sekitar pukul 17.00 WIB, pemuda yang tidak jelas identitasnya ini, datang bersama satu temannya di sebelah rumah Jumain. Dia dan temannya itu dalam kondisi basah kuyup sehingga harus berteduh.
Dua orang itu memarkir motor. Si pemuda ini langsung mendatangi warung Jumain dan membeli rokok. Tapi, bukannya menghampiri temannya di sebelah rumah, Dul Kubam malah mendekati motor pelanggan warung yang terparkir di sebelah toko. 
“Pas hujan deras, ada dua orang beli ke warung. Mereka ini pemilik sepeda yang terparkir di sebelah toko. Tiba-tiba, Dul Kubam datang dan hendak mengambil motor pelanggan toko saya,” kata Jumain kepada wartawan kemarin.
Melihat gelagat mencurigakan Dul Kubam, Jumain langsung mendekati motor milik pelanggan warungnya. Jumain langsung menginterogasi Dul Kubam yang mengklaim motor Yamaha Mio sebagai miliknya. Tapi, Jumain menagih STNK motor dan Dul Kubam tidak bisa menunjukkan bukti-buktinya.
“Pelanggan saya pulang ambil STNK motor dan membuktikan motor itu bukan milik Dul Kubam. Akhirnya saya tahan dia di rumah, lalu saya tanyai. Dia gak bawa kunci T, Saat saya tanya identitas juga mbulet tidak jelas. Dia ngaku orang Pasuruan, Jalan Candi Ambruk,” kata Jumain.
Ketika pemilik toko tengah menginterogasi Dul Kubam, Dul Teler yang sebelumnya menunggu di atas motor, hilang dan melarikan diri. Sepeda motor yang diparkir di sebelah rumah Jumain, juga ditinggal.
Jumain akhirnya menghubungi RW setempat yang melanjutkan laporan kepada Polsek Lowokwaru. Jumain curiga Dul Kubam berada di bawah pengaruh obat-obatan.
“Tidak jelas, apakah dia mabuk pil atau mabuk micin, karena tiba-tiba saja mengklaim motor milik pelanggan saya. Apakah mau nyolong juga tidak jelas. Tapi yang jelas tidak mabuk miras, gak bau miras,” tambahnya.
Polisi datang sesaat setelah menerima laporan, dan melakukan penggeledahan kepada Dul Kubam serta motor itu. Dalam jok motor, ditemukan STNK dengan alamat Ponorogo. Kanit Reskrim Polsek Lowokwaru, AKP Roichan mengamankan Dul Kubam dan motor yang ditinggal lari Dul Teler.
“Kami masih melakukan penyelidikan, interogasi masih berjalan. Kami harus tahu, apakah dia mabuk pil atau lainnya. Terkait keterlibatannya dalam jaringan pencurian motor di Sumbersari, masih didalami,” tutur Roichan.(fin/jon)

Berita Lainnya :