Bekuk Pencuri Burung Karangploso


MALANG - Dua pencuri burung berhasil dibekuk anggota Polsek Karangploso, Selasa (7/11) dini hari. Mereka yakni Sopi'i, 21, warga Dusun Kagrengan, Desa Ngijo, Karangploso dan Riki Ramadan, 18, warga Dusun/Desa Ngenep, Karangploso.
Polisi menangkap Sopi’i dan Riki di rumahnya masing-masing, setelah aksi pencurian mereka lakukan terekam CCTV yang terpasang di rumah korbannya, Moch. Budiono, 45, warga Desa Ngenep RT03 RW01, Karangploso.
Kapolsek Karangploso, AKP Rizky Adiputra menjelaskan Sopi’i dan Riki sudah menjadi target operasinya sejak lama. "Tersangka sebelumnya telah kita incar dari hasil penyelidikan dan rekaman CCTV yang ada di rumah milik korban,” katanya.
Pihaknya lalu melakukan pencarian nama pelaku sesuai dengan ciri-ciri yang ada di rekaman CCTV. Hingga akhirnya, beberapa petugas yang mencari identitas pelaku, mendapatkan dua nama yang mengarah pada kedua tersangka.
“Kedua tersangka mencuri burung Murai Batu seharga Rp 4,6 juta milik korban, 25 Oktober 2017,” kata Rizky.  Namun, baru sejak Selasa, keduanya tertangkap di rumahnya masing-masing. “Tersangka inisial S (Sopi’i) ditangkap lebih dulu,” ungkap dia.
“Lalu berkembang dengan melakukan penangkapan terhadap tersangka RR (Riki) saat tidur lelap di rumahnya,” tambah perwira polisi ini. Sayangnya, polisi tidak mendapat burung Murai Batu yang dicari karena sudah dijual melalui online.
Kepada petugas, tersangka mengakui telah menjual burung itu secara online seharga Rp 1,9 juta.  Uang dari hasil penjualan, digunakan tersangka untuk membeli dua buah velk sepeda motor dan dua setel celana pendek.
Saat ini kedua tersangka telah diamankan di Polsek Karangploso untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Selain itu, barang bukti yang disita berupa pakaian dan tas punggung yang dipakai saat mencuri.
Selain itu, dua buah pelek sepeda motor yang dibeli dari hasil penjualan burung, dua setel celana pendek dan sebuah kurungan burung hasil curiannya. “Ancaman pidana penjara maksimal tujuh tahun penjara,” pungkasnya. (eri/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :