Terus Lakukan Pembinaan Mantan Tahanan



MALANG – Balai Pemasyarakatan 1A Malang, menghelat halal bihalal di halaman utama kantor Jalan Barito, kemarin siang. Institusi yang bertugas melayani para mantan tahanan LP Lowokwaru tersebut, memakai momentum halal bihalal untuk sekaligus melakukan bimbingan kepribadian. Personel Bapas, Darma Wanita, purnabakti Bapas serta eks tahanan, ikut dalam acara yang dikemas dengan tausiah dan hiburan elekton.

Kabapas 1A Malang, Sudirman Zainuddin menjelaskan bahwa bimbingan kepribadian ini, menghadirkan ustadz Choirul Anam dari Tunggulwulung.
“Dengan menghadirkan ustaz Choirul, kita ingin sekaligus memanfaatkan momentum halal bihalal. Para klien kami eks warga LP dapat bimbingan, kita para personel Bapas, darma wanita dan purna Bapas juga dapat tausiah,” kata Sudirman kepada Malang Post kemarin.
Sekitar 100 orang menghadiri halal bihalal yang digelar untuk memanfaatkan momentum lebaran yang belum usai. Sudirman mengatakan, pembinaan terhadap mantan tahanan terus dilakukan oleh Bapas. Dia tak ingin para mantan tahanan ini kembali berbuat kejahatan lalu menghuni Lapas lagi.

“Kami tentu tidak ingin, para klien kami menghuni Lapas lagi. Karena itu, bimbingan kepribadian ini juga untuk menyegarkan semangat hidup mereka dalam masyarakat. Kami harap, bimbingan kepribadian ini, bisa menguatkan mereka untuk bermasyarakat dan berkeluarga,” sambung Sudirman.
Dia mengatakan juga bahwa para personel Bapas mendapat manfaat yang sama setelah mendampingi para klien dalam bimbingan kepribadian. Setelah libur panjang lebaran, para personel Bapas kini mendapat momentum halal bihalal untuk semakin giat menjalankan tugas pokok dan instruksinya.
“Kami harap bimbingan kepribadian dengan ustadz Choirul Anam ini bisa menyegarkan personel Bapas juga. Membuat mereka makin kompak dan semangat untuk menjalankan tugas di institusi ini,” sambungnya.
Ustadz Choirul sendiri, mengatakan bahwa momentum halal bihalal, melengkapi keutuhan spiritual dari pemeluk Islam.Setelah satu bulan berpuasa yang meningkatkan hubungan dengan Tuhan, halal bihalal adalah peningkatan hubungan dengan manusia.(fin/sir/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :