Pencuri Kenari Diinjak-injak

 
MALANG - M. Jainuddin, 48, warga Jalan Muharto Gang V Malang tertangkap tangan mencuri burung kenari F1 yang dijemur di Jalan Raya Sawojajar V Malang, pagi kemarin. Buntutnya, tubuh pria ini sempat dihajar dan diinjak-injak massa usai ditangkap Agus, 35, pemiliknya.
Dari keterangan yang dihimpun, sekitar pukul 10.00, Agus sedang membetulkan paving jalan rumah saudaranya  di area RT04. Saat sedang sibuk menata paving, Agus tidak sadar bahwa Jainuddin tampak mondar-mandir di sekitar lokasi sangkar burung kenari.
Setelah menyelesaikan pekerjaannya, Agus pulang ke rumah. Tapi, dia terkejut melihat sangkar burung peliharaannya seharga Rp 1 juta itu, sudah tergeletak di pekarangan dekat rumahnya. Sedangkan Jainuddin tampak berdiri di dekat sangkar burung 
Tanpa pikir panjang, Agus langsung memanggil Jainuddin dan menanyakan tentang kenari F1 warna kuning yang berada di dalam sangkar ini. Agus juga menginterogasi Jainuddin yang sempat mengelak tuduhan pencurian burung itu. Namun, korban tidak puas dengan jawaban pelaku.
Saat menggeledah barang yang dibawanya, korban melihat burung kenari miliknya sudah dimasukkan di dalam kardus kecil obat yang terbungkus tas kain warna hijau. Melihat perbuatannya sudah ketahuan, Jainuddin berupaya melarikan diri.  
Tak pelak, Agus pun berteriak pencuri sambil melakukan pengejaran. Upaya pelaku untuk kabur menjadi sia-sia. Jupang yang biasa berada di terminal-terminal ini, berhasil tertangkap sebelum naik motor miliknya yang diparkir agak jauh.
Warga yang emosi, meluncurkan bogem mentah kepada Jainuddin. Pelaku hanya bisa meminta ampun sambil berupaya melindungi dirinya ketika diinjak-injak kerumunan massa. Setelah dikencak oleh warga, pelaku di pos satpam futsal Jalan Raya Sawojajar.
Petugas Polsekta Kedungkandang tiba di lokasi begitu menerima laporan. Pelaku langsung diamankan ke kantor Polsek untuk dimintai keterangan. Kepada petugas, Jainuddin mengaku hanya satu kali mencuri burung.  Agus sendiri mengaku sudah tiga kali kehilangan burung.
Yakni, burung cendet, tiga burung lovebird dan terakhir kenari F1 yang terselamatkan dari upaya pencurian ini. Kasubbag Humas Polres Makota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni menyebut pelaku masih ditangani oleh unit reskrim Polsekta Kedungkandang untuk dimintai keterangan. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :