Baru Lahir Langsung Dibuang


 
MALANG - Jumat (1/12) pagi, suara tangisan di ladang tebu Dusun Mindi, Desa/Kecamatan Jabung membuat Semi, 41, penasaran. Dia sedang mencari rumput untuk pakan ternaknya. Semula ia menduga kalau tangisan itu adalah suara kucing. 
Namun karena tangisannya semakin kencang, Semi lantas mencari sumbernya. Begitu ketemu, dia kaget karena suara tangisan itu ternyata bayi. Matanya sedikit terbelalak melihat bayi yang hanya dibalut kain. Kondisinya memprihatinkan. Darah segar dan tali pusar masih terlihat di tubuhnya. Seperti baru saja dilahirkan. 
Sontak, Semi melepas kerudung yang dikenakannya dan membawa bayi malang ini ke rumahnya di Jalan Kertosari, Desa/Kecamatan Jabung. Tiba di rumah, wanita ini langsung memberitahukan pembuangan bayi itu ke keluarga dan tetangga-tetangganya. 
Dengan kerudung yang dipakainya, Semi lantas membungkus bayi itu dan membawanya pulang. Ia menceritakan temuannya kepada keluarga dan tetangga. Untuk menyelamatkan nyawanya, bayi tersebut langsung dibawa ke bidan desa.
Selanjutnya bayi dirujuk ke Puskesmas Jabung. Temuan itupun juga langsung dilaporkan ke Polsek Jabung. Begitu kondisi bayi dinyatakan sehat, bayi ini dibawa pulang Semi.
“Kami masih melakukan penyelidikan. Tadi sudah olah TKP dan mencari saksi-saksi,” kata Kapolsek Jabung, AKP Samsul Arifin.
Dikonfirmasi Malang Post, ia mengaku penyelidikan juga dilakukan ke seluruh kepala desa yang berdekatan dengan lokasi kejadian. 
“Kami kumpulkan kepala desa-kepala desa untuk membantu proses penyelidikan ini,” terangnya. Pihaknya juga mendatangi puskesmas dan bidan desa untuk mengetahui siapa warga yang baru melahirkan. 
Menurut Samsul, panggilannya, bayi itu diduga kuat baru saja dilahirkan, sebelum dibuang ke lahan tebu.
“Ada dugaan pelakunya tinggal tidak jauh dari TKP. Tunggu saja hasil penyelidikan anggota,” tegas perwira Polri ini.
Dia tidak menampik bila Semi, penemu bayi itu meminta merawat bayi tersebut sendiri di rumahnya. Diungkapkan Samsul, permintaan itu sudah disetujui oleh kepala desa dan pihak puskesmas sebab kondisi bayi dalam keadaan sehat. (agp/mar/jon)

Berita Lainnya :

loading...