magista scarpe da calcio Tangkap Pengedar Ganja di LP


Tangkap Pengedar Ganja di LP


MALANG – Razia dan inspeksi mendadak menjadi jurus ampuh sipir LP Lowokwaru untuk membasmi peredaran narkotika di dalam penjara. Terbukti, Kejaksaan Negeri Malang baru saja mendaftarkan perkara tahanan LP Lowokwaru, yang berani mengedarkan ganja setelah menerima suplai barang dari luar dinding penjara.
Mohammad Jamil Zainuri 25 tahun warga Dusun Jabon Desa Jabon Kecamatan Pandan-Pasuruan, terciduk razia sipir karena menyembunyikan 10 paket ganja di dalam loker.
“Terdakwa melakukan percobaan atau permufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan 1 tanaman,” kata Anjar Purbo Sasongko SH, Jaksa Kejari Malang, Senin (4/12).
Dalam berkas dakwaan 663/Pid.Sus/2017/PN Mlg, Jamil bersekongkol dengan tahanan lain bernama Moch Machfud alias Apuk saat menemukan satu bungkus plastik ganja. Bungkusan ini ditemukan di pinggir jalan menuju masjid di dalam LP Lowokwaru Malang. Apuk lalu membawa bungkusan ini ke kamar Jamil di blok XI kamar 13 LP Lowokwaru.
Machfud meminta Jamil menyimpan ganja teresbut di dalam loker pakaian. Setelah itu, Jamil diajak Machfud untuk membagi narkotika jenis ganja. Jamil mau menerima ajakan ini karena diberi imbalan uang rokok dan makan. Setelah itu, satu blok ganja ini, dibagi menjadi 12 bagian. Jamil membungkus ganja tersebut dengan kertas putih.
Jamil dan Machfud mengambil dua bungkus, lalu dicampur dengan tembakau untuk dikonsumsi sendiri sampai habis. Sedangkan, 10 bungkus ganja, dimasukkan ke dalam satu plastik klip dan disimpan di loker dengan tujuan dijual kepada sesama napi LP Lowokwaru. Machfud berniat menjual ganja di dalam LP untuk biaya hidup selama menjalani masa tahanan.
Namun, sipir LP Lowokwaru tiba-tiba melakukan razia di dalam blok Machfud sehingga Jamil dipanggil untuk membawa satu klip ganja seberat kurang lebih 10 gram ini. Machfud memerintahkan Jamil untuk menyembunyikan ganja di lapangan futsal. Tapi, belum sempat menyembunyikan barang tersebut, mantan Kelapa Pengamanan LP Lowokwaru, Sarwito mengetahui dan melakukan penangkapan.
Sarwito yang kini berdinas sebagai kepala LP di Kalimantan Tengah membenarkan hal tersebut. “Pelaku berusaha menyembunyikan, tapi karena gerak-gerik mencurigakan, kita geledah dan menemukan ganjanya. Kami langsung sita, dan kami laporkan ke Resnarkoba Polres Makota,” tambahnya.
Jamil yang sebelumnya sudah dihukum 5 tahun penjara sejak 2015, akan ketambahan lagi karena jaksa Anjar menjeratnya dengan pasal 111 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Kepala LP Lowokwaru, Krismono menegaskan bahwa pihaknya tidak akan kompromi dengan oknum yang berani melakukan pelanggaran ini.
“Langsung kami tangkap, dan laporkan ke polisi. Kami tidak kompromi dan siap menindak tegas yang terbukti melakukan pelanggaran,” tutupnya.(fin/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top