magista scarpe da calcio Penipuan Kirim Paket Dari London


Penipuan Kirim Paket Dari London


 
MALANG - Penipuan berbasis online masih marak di Kota Malang. Polres Makota mengimbau agar warga Kota Malang tidak mudah bertransaksi di dunia maya, tanpa ada garansi maupun keamanan transaksi. 
Kasus penipuan online yang menimpa korban Agus Suprojo SH 52 tahun yang melaporkan dugaan penipuan via Facebook ke Reskrim Polres Makota, adalah contoh nyata. Agus adalah warga Jalan Wilis Gang 3 RT01 RW05 Kelurahan Kauman, Kepanjen Kidul, Blitar. 
“Penipuan online yang menimpa korban, memakai modus kenalan di Facebook,” kata Kasubbag Humas Polres Makota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni.
Lewat kenalan di Facebook, Agus yang belum pernah bertemu langsung dengan pelaku, mendapat sambutan hangat. Dari awal berkenalan pada pertengahan November lalu, Agus tertipu buai manis kata-kata dari akun Facebook tersebut.
Setelah menggaet kepercayaan Agus, pelaku lalu berdalih membutuhkan bantuan dari Agus. Korban diminta menerima kiriman paket dari London Inggris. Pada 22 November 2017, dia menerima telepon dari seseorang yang mengaku sebagai petugas Bandara Juanda.
Penelepon yang diduga sebagai pelaku ini, mengabarkan kepada korban bahwa kiriman dari London Inggris sudah tiba di Surabaya. Tapi, korban tidak bisa dengan mudah mengambil barang kiriman tersebut. 
Penelepon nyaru petugas Bandara Juanda ini, menyebut ada biaya pengeluaran barang dari bandara. Korban diminta mentransfer uang ke rekening tertentu. Uang yang ditransfer tidak main-main, sejumlah total Rp 54 juta. 
Dia mentransfernya di Bank BCA Malang Jalan Borobudur, Kota Malang. Namun, setelah transfer ke rekening tersebut, korban tak kunjung menerima barangnya. Dia menunggu kurang lebih selama dua minggu sebelum akhirnya sadar sudah menjadi korban penipuan. (fin/mar/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top