Komplotan Curanmor Pakisaji Diciduk

 
MALANG - Unit Reskrim Polsek Pakisaji bersama Tim Buser Polres Malang, mengungkap jaringan pelaku curanmor, kemarin. Tiga orang tersangka berhasil diamankan di rumahnya masing-masing. Mereka ditangkap setelah beraksi mencuri sepeda motor Suzuki Satria FU N  4208 IC di Jalan Raya Pakisaji, pada 19 Desember lalu.
Ketiga pelaku yang diamankan yakni Ryan Ali Imron, 19 tahun dan Yusuf, 22 tahun warga Dusun Bekur, Desa Sumberejo, Pagak. Keduanya merupakan pelaku utama yang menjadi eksekutor. Satu lagi adalah Rizky Yunas, 22 tahun, warga Jalam Musala, Desa Tanggung, Turen.
"RY (Rizky Yunas, red) ikut kami amankan, karena sebagian barang bukti kami temukan di dalam rumahnya. Dia juga berperan merubah motor hasil curian, supaya tidak terlihat aslinya. Ketiganya setelah diperiksa, langsung kami serahkan ke Polres Malang," ungkap Kanitreskrim Polsek Pakisaji, Ipda Sigit Kurniawan.
Aksi pencurian terjadi tanggal 19 Desember lalu. Petang itu korban M Zaenuri, warga Dusun Turus, Desa Trenyang, Sumberpucung sedang ke bengkel Ahas, di Jalan Raya Pakisaji. Motornya diparkir di teras dengan kondisi terkunci ganda.
Tersangka Ryan dan Yusuf, kemudian datang dan berteduh di toko samping bengkel karena kondisi hujan. Saat berteduh itu, mereka melihat ada motor korban yang tanpa diawasi. Setelah melihat kondisi sekitar aman, keduanya langsung mengambil motor Suzuki Satria FU dengan kunci palsu.
Begitu berhasil, motor langsung dibawa kabur ke arah utara. Tak lama kemudian, korban yang mengetahui motornya hilang, langsung melaporkan ke petugas Polsek Pakisaji. Polisi kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.
Dari penyelidikan, petugas mendapat bukti rekaman CCTV. Pada rekaman itu, diketahui bahwa tersangka menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion N 6131 IV untuk sarana. Akhirnya petugas langsung menindaklanjuti dengan mengecek alamat kendaraan sesuai nomor polisi.
"Diketahui bahwa motor itu adalah milik Joko, warga Kecamatan Wagir. Namun sudah dijual kepada tersangka Ryan," jelas Sigit.
Hasil keterangan itulah, akhirnya petugas memburu Ryan dan berhasil menangkap di rumahnya. Di dalam rumah Ryan juga ada motor Yamaha Vixion yang menjadi sarana. Kemudian berdasarkan keterangan Ryan, mengembang dengan menagkap Yusuf serta Rizki.
"Dari keterangannya mereka juga pernah melakukan pencurian motor di wilayah Pakisaji. Termasuk juga sering kali mencuri helm dibeberapa tempat," terangnya.
Sementara, dalam keterangannya ketiganya mengatakan bahwa motor Suzuki Satria tersebut tidak untuk dijual. Rencananya motor itu akan dipakai sendiri, sebagai sarana aksi kejahatan."Tidak ada niatan menjual. Motor itu akan kami pakai sendiri," ucap ketiga tersangka.(agp/mar/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...