Curanmor, Curat, Curas Menurun


MALANG – Kriminalitas di Kota Malang secara umum mengalami penurunan. Dalam indeks kriminal yang dirilis Polres Makota akhir tahun 2017, jumlah kasus kriminal menurun dari 4408 kasus di tahun 2016, menjadi 2549 kasus di tahun 2017. Penurunan ini mencapai 42 persen. Hal tersebut terpantau dari kemerosotan kasus 3C, curanmor, curat dan curas.
Kapolres Makota, AKBP Asfuri SIK MH mengatakan penurunan gangguan kamtibmas di Kota Malang,  patut diapresiasi.
“Secara umum kasus kriminal menurun. Ada penurunan dari segi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Asfuri kepada wartawan dalam rilis akhir tahun 2017 di Alun-Alun Merdeka.
Menurut Asfuri, penurunan kasus kriminal secara umum tak lepas dari kemauan semua elemen masyarakat untuk saling menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing. Asfuri meyakini kasus kriminal bisa semakin ditekan dengan beberapa program penting yang disodorkannya di tahun 2018.
Yakni, polisi RW, polisi masjid dan Hunter Makota. Beberapa kasus yang mencuri perhatian masyarakat, yakni 3C, Curanmor, Curat (pencurian pemberatan) dan Curas (pencurian kekerasan) juga mengalami penurunan. Pada tahun 2016, kasus curanmor mencapai 1187 kasus. Berkat kerja Reskrim Polres Makota, curanmor merosot menjadi 892 kasus.
Atau, jika diprosentase, maka penurunan curanmor adalah 24 persen. Lalu, penurunan kasus pencurian pemberatan, juga terlihat signifikan. Pada 2016, kasus curat berjumlah 480, sementara tahun 2017 merosot menjadi 235 kasus, atau menurun sejumlah 51 persen. Kasus curas juga mengalami penurunan drastis.
Tahun 2016, ada 72 kasus pencurian dengan kekerasan. Tahun 2017, curas menurun sejumlah 54 persen dibandingkan tahun 2016, yakni hanya 33 kasus. Kendati demikian, banyak kasus lain yang mulai menyasar masyarakat kota. Terutama, penipuan berbasis online yang menyasar kalangan menengah atas.
“Ada beberapa kasus yang muncul. Selain penipuan online, ada kasus pembunuhan, penganiayaan, serta pelanggaran ITE,” tutupnya.(fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...