Jual Smartphone Curian Via Facebook


Malang Post, Gunawan, 18, warga Dusun/Kelurahan Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, dibekuk polisi, kemarin. Dia diketahui menjual smartphone curian melalui media sosial. Pelaku langsung disergap di rumahnya.
Ia melakukan aksi pencurian di konter HP milik Helmin Ningsih, 20, warga Kelurahan Satreyan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar beberapa hari sebelumnya. Korban yang membuka konternya, terkaget melihat dagangan HPnya acak-acakan.
Dilihanya ada lima ponsel yang hilang. Setelah dicek melalui CCTV ternyata malam harinya sekitar pukul 22.00, seorang pencuri meloncat pagar lalu membobol pintu rumahnya. “Kita selidiki jenis ponsel yang dicuri, dan berapa harganya dan lainnya,” ungkap Kapolsek Kanigoro, AKP Purdianto.
“Lalu kita cari berdasarkan keterangan korban,”  tambahnya. Setelah itu, polisi melakukan penyelidikan kepada ke beberapa konter dan media sosial. Ternyata di Facebook, terdapat orang yang menjual barang yang sama dengan HP yang dicuri dari korban.
Hargannya pun dijual lebih murah dari yang ada di pasaran. “Anggota kami berpura-pura membeli melalui paket pos. Dari situlah ditemukan alamat rumah pelaku dan langsung kita lakukan penyergapan,” ujarnya.
Pelaku yang ada di rumahnya, tidak dapat berkutik. Ternyata di rumahnya juga ditemukan ke-empat ponsel yang dicuri dari rumah korban yang belum sempat dijual. Dan langsung digelandanglah pelaku ke Mapolsek Kanigoro beserta barang bukti HP.
“Pelaku akan dikenakan pasal tentang pencurian dengan pemberatan atau curat dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara. Barang buktinya, tiga ponsel Oppo type 37, dua buah F5 dan satu buah A7. Ditambah tujuh kartu perdana dan perlengkapan HP lainnya,” pungkasnya. (bt/mar/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :