Lupa Matikan Kompor, Rumah Dilalap Api


MALANG - Rumah milik Syamsudin, 48 tahun, warga Jalan Joyo Raharjo GgV Kelurahan Merjosari, dilalap si jago merah, Selasa (2/1) dini hari kemarin. Kebakaran hebat ini terjadi sekitar pukul 01.45 WIB.  Tidak itu saja, rumah tetangganya, Panti, 43 tahun juga terbakar pada bagian atap belakang dan plafon rumahnya.
Syamsudin menjelaskan terjadinya kebakaran tersebut diawali anaknya memasak mie instan saat tengah malam.
“Mungkin dia lupa belum mematikan kompor gas dan ditinggal tidur,” ujar Syamsudin.
Hingga akhirnya ia mendengar teriakan warga sekitar yang memanggil keluarganya untuk segera keluar dari rumahnya. Mengetahui hal tersebut, Syamsudin segera menyelamatkan diri bersama keluarganya. Lalu ia mencoba memadamkan api dengan air dan pasir dan dibantu dengan warga sekitar.
Sedangkan warga yang lain melaporkan kejadian tersebut pada pemadam kebakaran karena api semakin membesar dan sulit dipadamkan.
Sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran datang memadamkan kebakaran tersebut. Api baru dapat dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Kepala UPT PMK Kota Malang Jose Belo membenarkan kejadian tersebut. “Hanya kerugian materiil berupa gudang, dapur beserta perlatan masak, kamar mandi, plafon, kamar tidur, serta 3 LPG. Selain itu atap belakang dan plafon rumah kosong milik Panti juga terkena api” ungkapnya kepada Malang Post.
Jose Belo menegaskan kepada masyarakat diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam aktifitas dapur terutama yang berhubungan dengan api. Apalagi pengawasan orang tua terhadap anak dalam menggunakan api sangat perlu mendapatkan perhatian yang serius. “Beruntung kondisi jalan sangat sepi. Sehingga kami bisa tiba dilokasi dengan selang waktu beberapa menit saja,” pungkasnnya. (mg1/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...