Harmonis Retak karena Ekonomi


 
PERNAH mendengar lagu 'Indah Pada Waktunya' yang dinyanyikan Dewi Persik? Ini mengisahkan hubungan rumah tangga Ronald dan Amel, warga Kecamatan Gondanglegi. Keinginan Ronald untuk mengajak rujuk Amel, harus gagal lagi karena Amel tetap memilih untuk bercerai. 
Amel mengajukan gugatan cerai untuk kali keduanya di Pengadilan Agama (PA) Kepanjen. Gugatan yang pertama dibatalkan, meskipun sudah diputus oleh hakim. Faktornya karena Ronald mengajak rujuk lagi, dengan alasan berat jika meninggalkan anak satu-satunya. 
“Untuk gugatan kedua ini, masuk sidang ketiga dengan agenda saksi. Amel mengajukan gugatan cerai karena hubungan rumah tangganya dengan Ronald sudah tidak harmonis," ungkap Agus Salim Ghozali, SH, pengacara Amel. 
Amel dan Ronald menikah beberapa tahun lalu. Buah pernikahan, mereka dikaruniai seorang anak yang kini berusia 5 tahun. Tuntutan kebutuhan ekonomi yang sangat besar, membuat keharmonisan rumah tangga mereka retak. 
Alasannya, karena penghasilan Ronald sebagai seorang guru masih belum mencukupi. Selain itu, Ronald yang memiliki sifat temperamental kerap kali marah tanpa alasan. Amel yang sudah tak tahan, memutuskan untuk pisah ranjang sebelum menggugat cerai. 
Harapannya saat itu supaya Ronald berubah. Tetapi setelah beberapa bulan, ternyata Ronald tidak berubah. Akhirnya Amel memutuskan untuk menggugat cerai pertama. Gugatan diterima dan diputus oleh Hakim PA Kepanjen. 
Setelah putus, Ronald mendekati Amel. Ia ingin rujuk dengan alasan tidak bisa meninggalkan anaknya. Akhirnya setelah mendapat tandatangan Amel, Ronald membawanya ke PA Kepanjen untuk membatalkan putusan dengan alasan sudah rujuk. 
"Namun setelah rujuk itu, Amel masih memilih untuk pisah ranjang. Karena sikap Ronald saat itu masih tidak berubah," ujar Agus Salim Ghozali. 
Karena masih saja tidak ada perubahan setelah rujuk, Amel yang tidak tahan kembali mengajukan gugatan cerai. Sidang pertama Amel dan Ronald sama-sama datang. Sidang kedua Amel datang, namun Ronald tidak datang.  
"Sidang ketiga, Ronald datang namun Amel tidak. Ronald bersikukuh kalau dirinya tidak mau bercerai karena ingin memperbaiki hubungan rumah tangganya," paparnya. (agp/mar/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :