Membara! Api Lumat Enam Ruko


MALANG – Rumah toko Jalan MT Haryono 129 RT 05 RW 03 Kelurahan Dinoyo membara, asap membumbung tinggi di langit Dinoyo dan dibarengi api yang berkobar-kobar di barisan lantai dua dari ruko. Dua tempat usaha distro dan aparel olahraga, hangus disantap si jago merah. Yakni, Sport Mania Distro dan Sport Station.
Kebakaran dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Pada saat itu, para pegawai dari shift pagi datang untuk menggantikan pegawai shift malam. Total, ada 11 pekerja Sport Mania Distro yang berada di gedung saat musibah terjadi.
“Saat itu, Wahyu sedang tidur-tiduran di lantai dua, yang dindingnya sebelahan dengan Sport Station. Tiba-tiba, dia mendengar ada suara letupan, ternyata lampu neon ruangan pecah. Saya juga dengar itu. Setelah itu api memercik ke kain-kain parasut,” kata Faisol, 25 tahun, warga Kebalen, karyawan Sport Mania Distro, kepada Malang Post di Polsek Lowokwaru.
Wahyu (20 tahun) lalu berteriak memanggil teman-teman pekerja lainnya untuk memadamkan api. Awalnya, para pegawai yang ada, mencari gayung dan kaleng seadanya berisi air dari kamar mandi. Mereka berupaya memadamkan sendiri titik api tersebut. Hanya saja, api sudah terlanjur menjalar ke bahan yang mudah terbakar.
“Tidak sampai 3 menit, api langsung membara luar biasa. Kami juga gak berani, takut terjebak api di dalam ruangan. Akhirnya minta tolong kepada warga di jalan, teriak-teriak,” kata Faisol. Setelah menerima laporan, Polsek Lowokwaru menghubungi UPT Damkar Kota Malang yang merespon dengan 6 armada.
Saat para karyawan mengungsikan diri, api semakin besar. Asap hitam tebal menutupi area ruko. Titik api berawal dari lantai 2 Sport Mania Distro gedung paling timur. Lalu, api merembet ke area di sebelah kanan kirinya. Di sisi barat, dua ruangan lantai 2 Sport Mania Distro ikut tersambar api.
Begitu juga, lantai 2 Sport Station ikut ditelan api. “Saya sedang berada di rumah, saat menerima telepon dari karyawan kalau ruko di Dinoyo terbakar. Apinya berasal dari korsleting listrik, lampu sempat meletup di dalam,” ungkap Tarastanti, 39 tahun, warga Pisang Candi, pemilik Sport Mania Distro.
Ruko Sport Mania, awalnya adalah 5 ruko, yang dijadikan tiga ruko. Ditambah dengan ruko Sport Station, ada 6 ruko yang disantap api. Karena ruko-ruko itu berdampingan, api dengan mudah menjalar di antara kayu-kayu rangka gedung. Atap dari lantai 2 barisan ruko langsung ambrol. Seluruh benda di lantai dua, langsung menjadi bahan bakar yang membuat api tak kunjung padam.
Tim Damkar, yang tiba di lokasi sekitar pukul 09.45 WIB, setelah menerima laporan, membawa kekuatan 6 armada pemadam. “Karena melihat apinya sangat luar biasa besar, kita mendapat back up dari Damkar Kota Batu sejumlah dua unit. Jadi, ada 8 unit yang membantu proses pemadaman,” sambung Jose Bello, Kepala UPT Damkar Kota Malang, sembari memimpin proses pemadaman.
Api berhasil ditaklukkan petugas Damkar, sekitar pukul 11.25 WIB, atau memakan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit. Petugas cukup kesulitan melawan api karena banyaknya bahan yang mudah terbakar di distro tersebut. Sekitar pukul 12.00 WIB, para petugas Damkar beserta armada, meninggalkan lokasi.
“Setelah pendinginan dan memastikan tidak muncul titik api lagi, semua unit Damkar kembali ke markas,” tambah Bello. Masyarakat sekitar dan pengguna jalan, terdampak dengan kebakaran ini. Selama kebakaran, jalanan dari arah Jalan Sukarno Hatta, Jalan Gajayana, serta Jalan Mayjen Panjaitan serta Tlogomas, mengalami kemacetan. Jalur baru bisa normal, setelah proses pendinginan selesai.
Kapolsek Lowokwaru Kompol Pujiyono mengatakan, petugas langsung memasang police line, untuk memudahkan petugas Inafis Polres Makota melakukan olah TKP. “Terkait penyebab dugaan sementara adalah korsleting listrik. Sementara, kerugian belum ditentukan dan masih dihitung,” tuturnya.
Meski demikian, dari informasi yang diterima, kerugian bisa mencapai miliaran rupiah. Menilik sepatu, sandal, serta baju-baju dan aparel yang terbakar, serta gedung yang luluh lantak disikat api, kerugian dihitung kurang lebih Rp 2 miliar. Pemilik Sport Mania Distro, hanya mengasuransikan gedungnya, tapi tidak dengan barang jualannya.
Kerugian ini, dikombinasikan antara barang-barang yang terbakar di Sport Mania Distro dan Sport Station, milik PT Mitra Aktif Adi Perkasa Tbk, dengan penanggungjawab Nafis 28 tahun warga Muharto gang 2.(fin/han)

Berita Lainnya :