Maling Indomaret, Necis Bersepatu Pantofel


BATU - Tidak hanya penjaga toko Indomaret Beji saja yang kaget, warga yang tinggal di sekitar Indomaret Beji, Jl Soekarno Desa Beji Kecamatan Junrejo terkejut melihat kondisi toko yang berantakan. Pintu rolling door yang ada di depan toko terbuka dengan kondisi kunci rusak. Di balik rolling door terlihat pecahan pintu kaca Indomaret yang berantakan. Peristiwa ini diketahui kali pertama oleh karyawan shift pagi yang masuk kerja pukul 07.00 dan kemudian melaporkan ke Polres Batu.
            Diduga pelaku sudah mencuri beberapa dos rokok senilai Rp 10 juta. Hingga kini pihak Indomaret masih melakukan pendataan di toko, barang-barang apa saja yang telah raib dari tempatnya. “Tidak banyak kok yang hilang, rata-rata hanya rokok, tapi itu masih belum pasti. Kita masih melakukan kalkulasi. Hanya memang ada beberapa kaca kita yang dipecah oleh pelaku,” ujar salah seorang manajer Indomaret yang tidak bersedia disebut namanya kepada Malang Post.
            Polisi sendiri melihat beberapa kejanggalan saat melakukan olah TKP. Petugas menemukan fakta bahwa CCTV toko ini tidak berfungsi sejak tanggal 20 Januari 2018. Lumpuhnya CCTV ini tidak dilaporkan ke pihak manajemen.
            Akibatnya ketika pelaku merusak rolling door dan memecah kaca toko, sama sekali tidak terekam. Begitu juga saat pelaku berhasil masuk sambil membawa sebuah karung warna putih dan langsung menuju kasir, sama sekali tidak terekam kamera.
            Tidak menemukan titik terang, polisi pun mencari bukti lain dan berhasil menemukan rekaman CCTV yang terpasang pada ATM Mandiri yang berada di seberang tempat kasir.  Dalam CCTV tersebut terlihat, pelaku menggunakan sepatu pantovel warna gelap, celana kain warna gelap, menggunakan hem warna biru muda, jaket warna gelap dan wajahnya ditutup kaos warna biru.
            Kejanggalan terlihat pelaku masuk pukul 03.19.18 dan keluar pukul 03.19.55. Artinya pelaku berada di tempat ini hanya beberapa detik, karung warna putih yang dibawanya kondisi kempes seperti saat pelaku masuk. Diduga pelaku tidak membawa benda apa pun saat keluar toko. Petugas menengarai pelaku sengaja meninggalkan sebuah linggis, kunci T dan dua linggis kecil di tempat kejadian perkara.
Ipda Kardjito, Kanit Reskrim Polsek Junrejo ketika dikonfirmasi masalah ini mengatakan bahwa pihaknya masih mengembangkan penyelidikan dari hasil olah TKP. Menurut Kardjito, pelaku yang diduga dilakukan satu orang ini masuk dengan cara merusak rolling door, setelah berhasil masuk, ia memecah pintu kaca yang berada di balik rolling door.
Begitu berhasil masuk, pelaku langsung mengacak-acak tempat kasir. Sementara baru beberapa slop rokok yang dibawah oleh pelaku. “Kita lihat di CCTV hanya satu orang, kita tidak tahu apa ada orang lain di luar, kita masih menganalisa dan mempelajarinya, kita lidik lebih lanjut,” ujarnya.
Ia membenarkan bahwa memang ada beberapa kejanggalan yang ditemukan petugas. Hingga saat ini pihaknya melakukan pemeriksaan intensif terhadap beberapa saksi yang diharapkan mampu menguak tabir pencurian ini. (dan/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...