Isap Ganja Diganjar 4 Tahun Penjara

 
MALANG – Jangan pernah coba-coba narkoba. Nikmat sesaat tidak sebanding dengan hukuman yang diterima. Entis bin Kastiwan, 30 tahun, warga Perum Jatimulya blok 39 Kelurahan Jatimulyo, Lowokwaru, merasakan sendiri dampak satu linting ganja seharga Rp 100 ribu, berbuah hukuman penjara 4 tahun.
Entis, karyawan swasta kelahiran Tasikmalaya dan ber-KTP di Bangkingan RT 05 RW 01 Kecamatan Lakar Santri Surabaya itu, saat ini mengerat di tahanan LP Lowokwaru. Pasalnya, hakim persidangan PN Malang, Sihar Hamonangan Purba, didampingi Imron Rosyadi dan Martaria Yudith Kusuma, menjatuhkan sanksi penjara 4 tahun karena mengisap ganja.
“Menyatakan terdakwa Entis bin Kastiwan almarhun, bersalah dan dipidana penjara selama empat tahun,” kata Sihar di PN Malang. 
Keterlibatan pria paruh baya ini dengan narkoba, diawali dari tawaran Capung, bandar yang kini jadi Daftar Pencarian Orang (DPO). Dia diiming-iming ganja seharga Rp 100 ribu yang bisa dipakai tiga hari.
Tergoda dengan tawaran ini, Entis akhirnya mencoba menyesap daun canabis tersebut. Keenakan, Entis yang ingin coba lagi, akhirnya membeli di Capung lagi untuk kali kedua. Kurang lebih, dua bulan lamanya, dia menikmati barang yang diharamkan oleh pemerintah Indonesia tersebut.
Resnarkoba Polres Makota, mendapat informasi dari warga bahwa kawasan perumahan Jati Mulya blok 39 disinyalir jadi sarang pengguna. Dua personel Polres Makota turun ke lapangan dan melakukan pengintaian. Polisi mencurigai salah satu rumah yang dimasuki oleh Entis. Setelah pengamatan, polisi langsung mendatangi rumah Entis dan melakukan penggeledahan.
Benar saja, bungkusan kertas berisi ganja ditemukan di kamar tidur dan di atas meja ruang tamu. Polisi menyita barang bukti berupa 2 bungkus kertas berisi ganja, 3 kemasan kertas papir, dan satu handphone yang diduga jadi alat transaksi barang haram. Setelah ditahan di Polres Malang Kota, berkas Entis dilimpahkan ke Kejari Malang untuk dihadapkan meja hijau.
Jaksa Penuntut Umum Samsul Sahubawa mendakwanya dengan pasal 111 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Hasilnya, Sihar menjatuhkan hukuman kepada Entis sesuai dengan tuntutan jaksa.(fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...