Ngaku Empat Kali Mencuri

 
MALANG - Unit Reskrim Polsek Singosari, gerak cepat menangkap pencuri burung murai di Jalan Wijaya Barat, Kelurahan Pagentan, Kecamatan Singosari, Sabtu kemarin. Hanya selang 15 menit petugas berhasil membekuk pelakunya. Yakni Muhammad Cholil Bisri, 22, warga Dusun Ngatih, Desa Purwoasri, Singosari. 
Tersangka ditangkap jarak sekitar 200 meter dari TKP pencurian. Saat dibekuk, Cholil berniat kabur dengan membawa burung hasil curian. Sebagai barang buktinya, polisi mengamankan burung murai beserta sangkarnya yang dicuri. 
"Pengakuannya baru empat kali mencuri. Namun kami masih terus mengembangkan perkaranya ke TKP lain," ujar Kanitreskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono. 
Aksi pencurian terjadi sekitar pukul 11.00. Korbannya Mustakim, 45, warga sekitar. Saat itu burung murai miliknya dijemur di teras depan rumah. Kemudian oleh korban ditinggal masuk ke dalam. 
Ketika tanpa pengawasan itulah, tersangka langsung beraksi. Modusnya dia keliling mencari sasaran. Setelah mendapat incaran, tersangka menyembunyikan motornya di pinggir sawah. Selanjutnya jalan kaki menuju ke rumah korban. 
Setelah diawasi tidak ada orang yang melihat, tersangka langsung mengambil burung murai itu lalu kabur. Tak lama berselang, korban yang keluar rumah melihat burungnya sudah tidak ada. Pencurian itupun langsung membuat warga sekitar gempar, karena di wilayah tersebut sering terjadi pencurian. 
Saat warga ramai bergerombol, melintas petugas Reskrim Polsek Singosari yang sedang patroli. Petugas lantas mendapat laporan kalau burung murai milik Mustakim hilang. Diketahui jika pelaku kabur ke arah utara. 
Akhirnya petugas lantas bergerak cepat melakukan pengejaran dan pengepungan.  Hasilnya, tak butuh waktu lama pelaku berhasil diamankan. 
"Ketika kami amankan, tersangka sempat mengelak kalau burung murai itu baru dibeli. Namun setelah kami minta tunjukkan bukti pembelian, tidak bisa menunjukkan hingga akhirnya mengakui," terang mantan KBO Reskrim Polres Malang ini. 
Sementara itu, dalam pemeriksaan tersangka Cholil mengatakan kalau burung murai tersebut sedianya akan dijual."Rencananya akan saya jual. Saya mencuri karena kepepet butuh uang, untuk bayar cicilan motor dan HP," tutur tersangka.(agp/jon/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :