Pinjam Motor Malah Dijual

 
MALANG - Hampir tiga bulan menjadi buronan polisi, Moch Irwan, 30, akhirnya berhasil diamankan Minguu (28/1) siang. Warga Desa Tlogo, Kecamatan Pojok, Gresik yang kos di Desa Panggungrejo, Kepanjen ini, dibekuk petugas Polsek Kromengan di Terminal Patria, Kota Blitar. Irwan melakukan penipuan dan penggelapan sepeda motor. 
“Tersangka kami tangkap saat berada dalam warung makan. Kasusnya masih kami kembangkan, termasuk mencari motor yang sudah dijual tersangka,” ungkap Kapolsek Kromengan, AKP Okta Panjaitan.
Adalah Tumiati, 39, warga Jalan Plasemen, Desa Jatikerto, Kromengan ini, yang menjadi korban penipuan. Pada 3 November 2017 lalu, tersangka datang ke tempat korban. Kebetulan korban membuka warung makan, dan tersangka Irwan sering datang ke warungnya.
Kedatangannya untuk meminjam sepeda motor Honda Vario, N 5732 EEW milik korban. Alasannya, akan dibawa ke Blitar untuk mendatangi lokasi sabung ayam. Karena sudah kenal, korban tidak curiga dan menyerahkan motornya.
Begitu dipinjami, oleh tersangka langsung dibawa pergi. Ia menjanjikan motor akan dikembalikan keesokan harinya. Namun ternyata setelah ditunggu keesokan harinya, motor tidak kunjung dikembalikan. Saat ditunggu beberapa hari, motor juga belum dikembalikan.
Korban berusaha menghubungi tersangka di nomor ponselnya, namun tidak aktif. Karena merasa tertipu itulah, dia melapor ke Polsek Kromengan. Polisi lantas menyelidiki dan mencari keberadaan pelaku dan berhasil disergap di Blitar.
Dalam pemeriksaan, tersangka mengaku kalau sepeda motor dijual kepada seseorang di wilayah Sidoarjo sebesar Rp 4,4 juta. Uang hasil penjualan motor dikatakannya sudah habis. Tersangka merinci Rp 100.000 diberikan kepada seorang perantara, Rp 925.000 untuk membeli HP.
Sedangkan Rp 445.000 untuk membeli baju dan celana, Rp 125.000 untuk membeli jam tangan, Rp 170.000 untuk membeli cincin akik, Rp 600.000 untuk membayar kos di Gresik, Rp 300.000 untuk bayar kos di Panggungrejo, Kepanjen. Sementara sisanya untuk kebutuhan sehari-hari. (agp/mar) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :