ATM Mandiri Tumpang Dibobol


MALANG - Satreskrim Polres Malang, menangkap dua pelaku pembobolan mesin ATM Bank Mandiri di Dusun Kebonsari, Desa/Kecamatan Tumpang, Jumat (26/1) dini hari lalu. Kedua tersangka mengaku belajar cara membobol mesin ATM dari YouTube.
Kedua tersangka adalah SDP, 16, warga Jalan MT Haryono Gang V Malang. Dan Ade Riski Ramadhan, 26, warga Perum Puri Kartika Asri, Kelurahan Arjowinangun, Malang. Mereka ditangkap di rumahnya masing-masing, awal pekan lalu. 
“Keduanya berhasil kami tangkap dari hasil penyelidikan. Pasalnya saat beraksi mencoba membobol ATM, aksinya terekam CCTV. Mereka mengaku belajar dari YouTube,” ungkap Wakapolres Malang, Kompol Decky Hermansyah.
Barang bukti yang diamankan dari keduanya, adalah sebuah linggis untuk mencongkel, seperangkat alat las listrik, satu set alat bor dan satu unit mobil Calya milik tersangka Ade yang digunakan sebagai sarana beraksi.
"Mereka berdua kami jerat dengan pasal 363 ke 4e KUHP jo pasal 53 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara selama 7 tahun," tegas Decky.  Aksi pencurian terjadi pada pukul 03.16. Mereka mencari sasaran di lokasi yang sepi.
Sasarannya adalah ATM cabang Bank Mandiri di dekat Pasar Tumpang. Setelah sampai mereka lantas memulai aksinya.  Tersangka SDP berjaga di sekitar lokasi. Sedangkan tersangka Ade, bertindak sebagai eksekutor.
Namun aksinya tidak berjalan lancar, sebab mesin ATM sulit dibuka. Lantaran takut ketahuan apalagi sudah banyak masyarakat yang berkeliaran, mereka lalu memutuskan untuk kabur.  Dalam pemeriksaan, keduanya mengaku memang sudah merencanakan aksi pembobolan mesin ATM.
Tersangka SDP yang memiliki ide, kemudian disampaikan kepada tersangka Ade, yang merupakan sarjana S1 Teknologi Pertanian.  "Kami melakukan pembobolan mesin ATM karena ingin mendapatkan uang dengan cara cepat," ujar kedua tersangka.
Untuk memuluskan aksinya, mereka kemudian mempelajari cara pembobolan mesin ATM melalui youtube. Selanjutnya, mereka membeli semua peralatan yang dibutuhkan untuk membobol ATM. Begitu sudah lengkap, keduanya lantas mencari sasaran. (agp/mar/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...