Terpengaruh Miras, Bobol Kotak Amal

 
MALANG - Ketagihan minuman keras (miras) mengantarkan tiga remaja asal Kecamatan Kalipare, meringkuk dalam tahanan sejak Jumat (2/2). Mereka dijebloskan ke dalam penjara karena kasus pencurian. Ketiganya mencuri kotak amal di warung milik warga. 
Ketiga remaja tersebut adalah FAS, 14, warga Dusun Mentaraman, Desa Arjosari. Beni Mahendra, 18, warga Dusun Kopral, Desa Sukowilangun. Dan Hajis Imam Qoirul, 20, warga Dusun Tumpakmiri, Desa Arjosari. 
Mereka bertiga ditangkap di rumahnya masing-masing. Barang bukti yang diamankan tiga buah kotak amal yang terbuat dari alumunium. Semua barang bukti ditemukan terbuang di hutan pohon jati. 
“Untuk tersangka yang usianya di bawah umur, kami limpahkan ke UPPA Satreskrim Polres Malang. Sedangkan dua tersangka lain, tetap kami yang menangani,” ujar Kanitreskrim Polsek Kalipare, Aiptu Purnomo. 
Menurutnya, aksi pencurian yang dilakukan ketiganya ini secara bergantian. Mereka beraksi mencuri pada malam hari. Ada empat lokasi pencurian kotak amal yang dilakukan ketiganya.  Modus operandinya, dengan berboncengan sepeda motor mereka keliling mencari sasaran. 
Begitu mendapatkan lokasi sasaran, mereka lalu berbagi tugas. Satu tersangka menunggu di atas motor, sedangkan satu lagi bertugas sebagai eksekutor. Setelah mendapatkan kotak amal, oleh mereka lantas dibawa ke hutan pohon jati. 
Di tempat sepi itu, mereka memecah kotak amal dan mengambil yang di dalamnya. Kotak amal tersebut kemudian ditinggalkan oleh ketiganya. Terungkapnya kasus ini, berawal dari laporan Ahmad Suyuti, 43, warga Desa Sukowilangun, Kalipare kalau kotak amal dalam warung hilang. 
Polisi kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Dari keterangan saksi-saksi diketahui bahwa pelakunya mereka bertiga. Akhirnya petugas pun menangkap ketiganya di rumah masing-masing. Uang dalam kotak amal yang dibagi rata telah habis digunakan untuk foya-foya. 
“Uangnya habis untuk membeli rokok dan minuman keras. Setiap kali mendapatkan hasil langsung kami bagi dan uangnya telah habis,” kata Hajis, seorang tersangka. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...