Polres Mahkota Bentuk Hunter

 
MALANG – Polres Makota sedang menggodok Hunter Makota, tim khusus pemberantasan kejahatan jalanan. Tim ini merupakan gabungan dari anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Makota dari berbagai unit. Menurut Kapolres Makota, AKBP Asfuri SIK MH, tim Hunter Makota memiliki satu tujuan, membersihkan jalanan dari kejahatan.“Mereka yang tergabung dalam Hunter Makota, akan sangat sering berada di jalan. Karena mereka adalah anggota tim lapangan yang saat ini juga sudah bertugas secara normal. Bedanya, mereka akan dilengkapi pakaian khusus, serta kendaraan roda dua untuk mobilitas tinggi,” ungkap Asfuri.
Unit Reserse Mobile (Resmob) serta unit Opsnal dan unit Pidana Umum (Pidum) akan menjadi bagian inti dari tim Hunter Makota. Asfuri menghitung, ada sekitar 20 anggota Reskrim dari segala unit yang bakal menjadi satu tim pemburu tindak pidana kejahatan 3C, yakni curat, curas dan curanmor.
Pencurian pemberatan, pencurian kendaraan bermotor dan pencurian dengan kekerasan, merupakan titik fokus Asfuri agar jalanan Kota Malang aman dan nyaman bagi warga. Sistem Hunter Makota sendiri, dibagi menjadi dua tupoksi. Dalam satu tim hunter, akan ada dua unit. Yakni unit pemburu dan unit penyelidikan.
“Kerja tim ini akan dibagi, mereka dibagi menjadi dua unit. Ada unit pemburu yang turun di lapangan, ada unit yang melaksanakan penyelidikan sebelum eksekusi penangkapan. Mereka secara bergantian akan melaksanakan dua tupoksi itu. Secepatnya akan diluncurkan,” tegas Asfuri.
Alumnus Akpol angkatan 2000 tersebut contoh kerja dari embrio Hunter Makota sudah terlihat saat Polres Makota membekuk tiga komplotan pelaku pencurian modus gembos ban. Tiga orang ditangkap, semuanya diberi timah panas di kaki karena melawan petugas. Satu di antaranya meninggal.
“Kami siap bekerja untuk menjadikan jalanan Kota Malang aman. Seperti yang kita tahu, curanmor masih berani melakukan aksinya di Kota Malang. Semoga setelah Hunter Makota berjalan, curanmor bisa ditekan dan diminimalisir,” tutup Asfuri.(fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :