Api Membara di Toko Busana Muslim


MALANG – Warga Sawojajar di Jalan Danau Maninjau Selatan Kecamatan Kedungkandang heboh. Kobaran api dan kepulan asap tiba-tiba saja muncul dari samping luar toko hijab Vauza Tamma, Jalan Danau Maninjau Selatan D1/D34, Kelurahan Sawojajar, Senin sore kemarin. Api diperkirakan muncul pukul 16.00.
Dari keterangan yang dihimpun, toko yang dikelola oleh Iskandar, 35, warga Kauman Klojen tersebut, sedang tutup. “Hari ini tokonya tutup. Semua karyawan dan keluarga sedang pergi rekreasi ke Batu,” ungkap Muhaimin, 56, penjaga gedung kepada petugas Polsek Kedungkandang, Senin sore.
Di samping gedung, ada travo dan pusat pengendali listrik rumah toko tersebut. Barang-barang seperti hijab dan baju muslim, terkunci rapat di dalam ruko. Sementara, ada tumpukan kain perca dalam karung yang terserak di bawah travo. Diduga kuat, travo ini mengalami korsleting sebelum akhirnya memercik ke tumpukan kain.
Akibatnya, api berkobar dan mengeluarkan asap hitam tebal. Dinding di sekitar travo ini juga gosong hingga ke bagian atas. Masyarakat berhenti, dan langsung berupaya mencari pertolongan. Beberapa warga sekitar, mencari alat pemadam api ringan, untuk memadamkan api yang membawa dari kain-kain perca tersebut.
Petugas Damkar Kota Malang dan Polsek Kedungkandang serta Polres Makota, meluncur ke lokasi, dan tiba tak lama kemudian. Saat Damkar Kota Malang tiba, petugas mengulur selang lalu menyemprot tumpukan kain bekas terbakar untuk memastikan tidak ada titik api yang muncul lagi.
Namun, saat petugas Damkar mencoba melihat pusat api yaitu travo, listrik terpercik. Petugas Damkar langsung mencoba naik ke atas gedung untuk melihat apakah ada area lain yang terbakar. Petugas Polsek Kedungkandang langsung meminta gedung untuk dimatikan listriknya sebagai langkah preventif.
Aiptu Tohap, Anggota Sabhara Polres Makota bersama petugas Reskrim Polsek Kedungkandang mengatakan, diduga kuat api berasal dari korsleting travo listrik. “Saat kami datang, listrik ternyata masih belum mati,” ungkap Tohap kepada Malang Post di lokasi, Senin sore.
Setelah memastikan sementara tak ada lagi potensi kebakaran, petugas meninggalkan lokasi.(fin/lim)

Berita Terkait