Bayi Dibuang di Musala


MALANG - Warga RT13 RW03 Desa/Kecamatan Pagelaran dikejutkan dengan penemuan seorang bayi perempuan di Musala At-Taqwa, Jumat (15/3) malam. Bayi yang masih hidup ini tergeletak di dalam musala serta terbungkus kain di dalam kardus. Bayi perempuan ini masih lengkap dengan ari-ari.
Warga yang kali pertama menemukan bayi ini adalah Rifai, seorang warga setempat yang baru saja menjalankan salat Isya berjamaah di musala tersebut. "Saksi curiga dengan adanya kardus di pojok teras. Saat dibuka, ternyata isinya bayi," ujar Kapolsek Pagelaran AKP Sumaryono kemarin.
Rifai baru saja menjalankan salat Isya. Dia berniat pulang ke rumah ketika melihat bungkusan tersebut. Tampaknya bayi ini baru dilahirkan. Karena, selain masih merah, bayi tersebut juga terhitung masih hangat, belum terpapar banyak udara dinginnya malam di Pagelaran.
"Setelah melihat bayi ini, saksi laporan ke perangkat desa dan Polsek Pagelaran. Kami langsung meluncur ke lokasi usai menerima laporan ini," tambahnya. Petugas yang merapat ke lokasi, langsung melakukan olah TKP sekaligus mencari keterangan. Mereka juga mengevakuasi bayi tersebut.
Si jabang bayi diungsikan ke Puskesmas Pagelaran, dan langsung dirawat oleh petugas medis. Kanitreskrim Polsek Pagelaran, Aiptu Ketut Agung menyebut, bayi perempuan ini dalam kondisi sehat sampai sekarang. “Dari tim medis melaporkan, bayi ini memiliki berat 3,2 kilogram, serta panjang 48 sentimeter,” ujarnya.
Pencarian keterangan dari warga masih terus diupayakan petugas. Karena, polisi ingin mencari petunjuk tentang kemungkinan identitas pelaku yang membuang bayi ini. Dari sudut pandang hukum, pembuangan bayi ini sudah memenuhi unsur pidana pasal 308 KUHP dengan ancaman maksimal lima tahun enam bulan.
“Kami masih melakukan penyelidikan, serta mencari identitas pelaku pembuang bayi ini. Barang bukti yang diamankan antara lain kardus, kresek hitam pembungkus kardus dan ari-ari bayi serta satu selimut bayi yang digunakan pelaku membungkus bayi sebelum ditaruh di TKP,” tambahnya. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :