Beli Ponsel Pakai M-Banking Palsu


MALANG - MS, 23 warga Jalan Permadi Kota Malang harus berurusan dengan pihak kepolisian. Sebab, ia terbukti melakukan penipuan pembelian ponsel dengan sistem pembayaran melalui mobile banking. Ketika dirilis, tersangka tak bisa menyembunyikan rasa malunya. Ia malah menangis terisak ketika hasil kejahatannya dibacakan oleh polisi.
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengungkapkan, tersangka melakukan penipuan untuk pembelian ponsel dengan pembayaran menggunakan mobile banking (m-banking) palsu. "Mulanya, tersangka diminta oleh kakaknya yang ada di dalam Lapas Lowokwaru untuk melakukan pembelian dua unit ponsel. Korban diiming-imingi imbalan Rp 1 juta oleh kakaknya," kata dia dalam rilis resmi, Jumat (25/1).
Saat itu, tersangka menghubungi sang penjual ponsel. Kemudian, keduanya berjanji untuk bertemu di area Stadion Gajayana. "Kemudian, ketika bertemu, tersangka menunjukkan bukti transfer melalui m-banking palsu yang telah diberikan oleh kakaknya. Setelah itu, oleh korban, ponsel diserahkan kepada tersangka," papar dia.
Setelah melakukan pertemuan, korban baru menyadari kalau tidak ada transferan yang masuk. Merasa tertipu, korban langsung melaporkan hal tersebut ke Polres Malang Kota. "Berdasarkan laporan tersebut, petugas kepolisian langsung melakukan penyelidikan," kata dia.
Akhirnya, lanjut Asfuri, pihak kepolisian memancing korban dengan berpura-pura menjadi penjual. Ketika itu, tersangka berjanji untuk bertemu pihak kepolisian di Stadion Gajayana. "Ketika datang, tersangka langsung kami tangkap," papar dia.
Asfuri menjelaskan, tersangka melakuka  aksi tersebut sebanyak dua kali. "Yang pertama berhasil dan dilakukan oleh kakaknya. Sementara yang kedua digagalkan oleh polisi, saat itu, tersangka sendiri yang melakukan (transaksi m-banking palsu)," kata Asfuri.
Atas perbuatannya tersebut, MS harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan meringkuk di balik jeruji besi. "Tersangka kami kenakan Pasal 378 juncto pasal 55 dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," tandas dia.(tea/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :