Ditinggal Kuliah, Kamar Kos Dibobol Maling


MALANG - Sebelum pergi meninggalkan rumah atau tempat kos, harus betul-betul dipastikan kondisi pintu, pagar dan jendela dalam keadaan terkunci. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan barang berharga dari incaran pencuri.
Seperti yang dialami oleh Rifaldi Erlangga Putra, 20 warga Lombok Tengah. Belum lama ini, tempat kosnya yang terletak di Jalan Candi III Kecamatan Sukun Kota Malang disatroni pencuri. Akibatnya, beberapa barang berharga miliknya, dengan total sekitar Rp 11 juta raib disikat maling.
Informasi yang berhasil dihimpun, sekitar pukul 12.00 Sabtu pekan lalu, korban pergi meninggalkan tempat kos untuk kuliah. Setelah kurang lebih selama satu setengah jam, korban kemudian kembali ke kamar kosnya. Namun, saat itu, ia menyadari bahwa jendela kamar dalam kondisi terbuka. Bahkan daun jendela tersebut sudah lepas.
Kemudian korban masuk ke dalam kamar dan mengecek beberapa barang berharga miliknya. Ternyata sudah raib digondol pencuri. Mengetahui hal tersebut, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Malang Kota. Sampai saat ini, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Malang Kota masih melakukan penyelidikan.
Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengimbau masyarakat untuk selalu waspada ketika meninggalkan rumah atau kamar kos ketika dalam kondisi kosong. “Pastikan semua pintu dan jendela terkunci rapat. Kamar kosong harus dipastikan aman. Ketika ditinggal, boleh menitipkan kepada tetangga rumah atau kos supaya dibantu mengawasi,” papar dia.
Tak hanya itu, pihaknya juga meminta masyarakat juga waspada dalam melindungi kendaraan bermotornya. Sebab, beberapa kawasan kos-kosan kerap menjadi sasaran utama pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor).  “Kota Malang curanmor cukup tinggi, terutama daerah Lowokwaru. Di sana ada kos kosan, kontrakan dan kampus. Tapi, tidak hanya kawasan Lowokwaru, empat kecamatan lain juga berpotensi diincar penjahat. Kami mengimbau semua warga Kota Malang waspada,” imbuh dia. (tea/lim)

Berita Terkait