Dua Remaja Sikat LPG dan Sepeda Polygon


MALANG - Dua pemuda warga Jalan Mergan Raya, Kelurahan Tanjungrejo Kecamatan Sukun, harus berurusan dengan polisi. Mereka adalah BRP, 17 dan RS, 16. Keduanya diamankan karena tertangkap warga mencuri tabung LPG dan sepeda ontel merk Polygon, akhir pekan lalu.
Untungnya ketika ditangkap, keduanya tidak sampai menjadi bulan-bulanan warga. Mereka langsung diserahkan ke petugas Polsek Karangploso. Selanjutnya karena usianya di bawah umur, mereka kemudian dilimpahkan ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) Polres Malang.
"Mereka diamankan setelah tertangkap tangan mencuri. Hasil pemeriksaan sementara, pengakuannya baru sekali saja," ujar Kanit PPA Polres Malang, Ipda Yulistiana Sri Iriana.
Aksi pencurian terjadi dini hari sekitar pukul 02.30. Kejadiannya di Perum Graha Pulau Emas, Dusun Ringinanom, Desa Kepuharjo, Karangploso. Mereka mencuri tabung LPG ukuran 3 kilogram serta sepeda ontel Polygon milik Igetta Wempy Triswidiananda, 30, warga sekitar.
"Tabung LPG dan sepeda ontel tersebut, dicuri di teras depan rumah. Mereka kami jerat dengan pasal 363 ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," ujarnya.
Sementara, dalam pemeriksaan kedua tersangka mengaku kepepet. Mereka butuh uang untuk memperbaiki motor milik orang tuanya. Keduanya juga mengatakan baru sekali mencuri.
"Saya mencuri karena butuh uang untuk memperbaiki motor milik ayah. Motornya tidak bisa dipakai karena habis saya jatuhkan. Untuk memperbaiki harus turun mesin," ucap tersangka BRP.
Untuk mendapatkan uang dengan cara pintas, BRP lantas mengajak RS. Ajakan mencuri itu pun diiyakan oleh RS. Kemudian dengan berboncengan sepeda motor mereka keliling mencari sasaran.
Ketika melintas di depan rumah korban Igetta Wempy Triswidiananda, 30, di Perum Graha Pulau Emas, Dusun Ringinanom, Desa Kepuharjo, Karangploso, mereka melihat ada tabung LPG dan sepeda ontel di teras depan rumah. Keduanya lantas merencanakan aksinya dengan membagi tugas.
Tersangka BRP bertugas masuk ke dalam teras, sedangkan RS berjaga di depan untuk menerima barang. Setelah mendapatkan barang yang diincar, mereka lantas segera buru-buru kabur dengan membawa barang curian ke belakang rumah korban.
Belum sempat kabur jauh, aksinya dipergoki seorang warga dan petugas security. Mereka yang tidak bisa mengelak langsung diamankan. Selanjutnya warga menyerahkannya ke petugas Polsek Karangploso.
"Kami baru sekali ini saja mencuri, karena kepepet. Sebelumnya sama sekali tidak pernah mencuri. Namun baru mau membawa kabur hasil curian sudah ditangkap," terang keduanya.(agp/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :