Kios Bensin Terbakar, 3 Motor dan Becak Ludes


MALANG - Kebakaran terjadi di kios bensin dan tambal ban depan gedung Persemayaman Jenazah Panca Budi Jalan Laksamana Martadinata nomor 70, Kota Malang. Akibatnya, jalan protokol sepanjang flyover Mergosono hingga Jalan Panglima Sudirman macet parah, Minggu (17/3).
Tak hanya itu, gardu listrik di sekitar lokasi ludes terbakar. Tiga motor nopol Honda Grand N 6308 CG, Suzuki N 2934 AJ, dan Suzuki N 2881 EK hanya bersisa kerangka karena dilahap si jago merah. Mas Sanan, 49, pemilik kios warga Jalan Laksamana Martadinata gang 1, mengalami luka bakar di tangan dan kakinya.
Dia terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan. Minggu pagi, pukul 09.40 WIB, api membumbung tinggi dan menghanguskan kios. Begitu api menyala-nyala membakar kios bensin, Sekuriti Panca Budi melaporkan peristiwa ini UPT Damkar Kota Malang. Laporan diterima Damkar pukul 09.40.
Enam unit pemadam merapat ke lokasi dengan kecepatan tinggi. Begitu tiba, petugas langsung mengisolasi area yang terbakar sekitar 4 meter kali 6 meter. Tim pemadam membutuhkan waktu 20 menit dan air sejumlah kurang lebih 6.000 liter untuk memastikan api benar-benar padam di lokasi.
Akibat kejadian ini, kawasan Jalan Laksamana Martadinata, Jalan Gatot Subroto dan sekitarnya macet. Api berasal dari sisa pengisian yang tumpah ke jalan, lalu menyahut api di wadah penambalan ban. “Saat itu, mungkin bensinnya tumpah, merembes ke jalan dan mengenai api yang dipakai untuk tambal ban," ujar Taufik Gale Priyadi, 36, salah satu saksi mata.
Kapolsek Klojen, Kompol Budi Harianto menyebut, berdasarkan keterangan para saksi termasuk korban, kebakaran terjadi setelah ada bensin tumpah dari jirigen. Saat itu, korban sedang menuangkan bensin dari jirigen ke botol. Ternyata, ada ceceran bensin yang tumpah dari jirigen.
“Bensin ceceran tersebut mengalir dan menyambar kompor tambal ban yang sedang menyala. Sehingga, langsung timbul kebakaran,” sambung Budi kepada Malang Post saat dikonfirmasi.
Petugas pemadam berhasil menaklukkan api pukul 10.00 WIB. Sementara, Polsek Klojen merinci kerugian yang dialami akibat kebakaran. Yakni,  satu unit travo PLN, satu unit panel travo PLN, satu unit meteran PLN 3pass, satu unit becak serta tiga unit sepeda motor. “Kami mengamankan satu buah kompor tambal ban dan satu potongan jirigen yang sudah terbakar, sebagai barang bukti penyebab terjadinya kebakaran,” tutup Budi.(fin/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :