LPG Bocor, Rumah Warga Tirtoyudo Ludes


TIRTOYUDO – Warga Dusun Karangsuko Desa Tamansatriyan Kecamatan Tirtoyudo, Kamis (18/7) lalu heboh. Itu karena salah satu rumah tetangga mereka terbakar. Yakni milik Kariono, 66. Bersama-sama dengan anggota PMI Kabupaten Malang dan masyarakat, petugas Polsek Tirtoyudo berusaha memadamkan api.
Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang Muji Utomo mengatakan, kebakaran itu terjadi pukul 07.00. Saat itu rumah tersebut dalam kondisi kosong. Kariono berasama anggota keluarganya bekerja di kebun.
Kebakaran kali pertama diketahui oleh Muklis, salah satu warga. Pagi itu, Muklis hendak pergi ke kebun kaget melihat kepulan asap tebal keluar dari dalam rumah korban. Muklis pun panik setelah melihat jilatan api keluar dari sela-sela pintu maupun jendela rumah berdinding setengah permanen tersebut.
Sontak Muklis pun berteriak minta pertolongan warga. Teriakan Muklis di pagi yang sepi itupun langsung direspon warga. Menggunakan peralatan seadanya, warga langsung memadamkan api. Sementara warga lain juga langsung menghubungi perangkat desa dan polisi. Mendapatkan laporan kebakaran, petugas langsung datang. Dan mereka juga langsung terlibat memadamkan api. ”Api padam sekitar 50 menit. Kondisinya hampir rata dengan tanah,’’ kata Muji Utomo.
Pria yang akrab disapa dengan nama Mbah Tomo itupun tidak tinggal diam. Begitu api padam, pihaknya pun langsung melakukan pendataan. Dan Jumat (19/7)  pagi, PMI Kabupaten Malang pun menyalurkan bantuan kepada korban berupa sembako dan material bangunan.
Sementara korban yang mengetahui rumahnya terbakar hanya bisa pasrah melihat rumahnya luluh lantak dan hancur akibat si jago merah. ‘’Saya tidak menyangka rumah saya kebakaran. Karena selama ini kondisi rumah baik-baik saja. Bahkan meskipun ditinggal ke kebun lama, tidak pernah terjadi apa-apa,’’ urainya.
Anggota Polsek Tirtoyudo pun melakukan olah TKP, beberapa saat pasca api padam. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat kebocoran tabung gas LPG ukuran 3 kilogram. ”Sebabnya masih diselidiki. Tapi kalau dugaan sementara kebakaran ini terjadi akibat kebocoran tabung LPG. Ini terlihat dimana dinding yang terletak tidak jauh dari tabung warna hitamnya lebih pekat dibandingkan dengan bagian sudut lainnya,’’ tandas petugas.
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Kebakaran Kabupaten Malang, Golly Karyanto mengatakan, kebakaran yang terjadi Kamis pagi tersebut tidak dilaporkan. ”Belum ada laporan masuk kepada kami untuk kebakaran yang di  Desa Tamansatriyan. Sehingga kami juga tidak menerjukan anggota ke sana,’’ tandasnya.(ira/lim)

Berita Terkait