Maling Helm Tertangkap di Parkiran Unisma

 
MALANG – Seorang maling helm tertangkap basah sedang melancarkan aksinya di parkiran kampus Unisma, Dinoyo, Kamis kemarin. Pelakunya, Jamal, 53, buruh harian lepas asal Dusun Talangsuko, Desa Talangsuko Turen Kabupaten Malang.
Dalam video, pria tersebut dikerumuni sejumlah orang, baik warga maupun mahasiswa Unisma yang sudah geram dengan banyaknya pencurian helm di kawasan ini. Menurut Yoga, salah satu mahasiswa Unisma, setidaknya sudah 15 helm hilang sebelum ada pelaku yang tertangkap basah Kamis (12/7). “Ada 15 helm yang hilang,” ujarnya. 
Dalam video, Jamal tampak duduk dalam kerumunan warga dengan wajah sayu dan tampak ketakutan. Pria ini berkumis, berambut pendek, dengan hidung yang agak pesek serta tubuh yang agak sedikit tambun.Dia memakai jaket hitam kusam, dengan celana abu-abu. Kulitnya sawo matang dengan usia sekitar 45 tahun. Pria tersebut, memancing kemarahan warga sekitar yang mendengarkan cerita helm-helm raib selama beberapa waktu terakhir.
Salah satu warga yang emosi bahkan melontarkan sebuah pukulan ke arah kepala Jamal. Beruntung, Polsek Lowokwaru yang menerima laporan Kamis (12/7) siang, sekitar pukul 10.00 WIB, langsung merapat ke lokasi untuk mengamankan pelaku. Jika tidak, maka pria tersebut sudah menjadi bulan-bulanan warga.
Saksi lain, Ahmad Nur Hasim, menegaskan pelaku beraksi seorang diri. Dia hendak mengambil sebuah helm berwarna merah di kawasan parkiran Unisma. Kendati demikian, aksinya diketahui oleh penghuni kampus. Dia langsung dikawal menuju pos penjagaan kampus. 
“Dia tertangkap basah, tangannya sudah memegang helm berwarna merah, dan itu bukan helm miliknya. Kami amankan dia di pos sambil lapor polisi,” ujarnya.
Selanjutnya, Jamal diamankan ke Mapolsek Lowokwaru yang tak jauh dari lokasi kejadian. Helm merah yang menjadi barang bukti kejahatannya, juga diamankan bersama pelaku. Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiono mengatakan pihak penyidik Reskrim Polsek Lowokwaru masih melakukan penyidikan terhadap terduga pelaku.
“Kepada penyidik, pelaku mengaku pulang kerja lalu melihat helm di atas motor. Dia berkeinginan mengambil, tapi ketahuan pemilik dan akhirnya diamankan ke Polsek Lowokwaru,” tandas Kapolsek Lowokwaru, Kompol Pujiono dikonfirmasi Malang Post. 
Menilik perbuatan pelaku, pria tersebut akan dikenakan pasal 362 KUHP tentang pencurian biasa dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (fin/jon)

Berita Terkait

Berita Lainnya :