Nganggur, Nekat Jualan Pil


PASURUAN – Karena tidak mempunyai pekerjaan, M Khoirul Anam, 21, warga Desa Tamansari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan nekat menjual pil Y. Hasil penjualan tidak hanya untuk mendapatkan uang, tapi juga untuk dipakai sendiri.
Kasatreskoba Polres Pasuruan AKP Nanang Sugiyono mengatakan, penangkapan pelaku dilakukan di depan SPBU di Dusun Sudan, Desa Wonosari, Kecamatan Wonorejo pada Jumat malam (12/4) sekitar pukul 19.30. Saat itu M. Khoirul Anam sedang berkendara dengan sepeda motor seorang diri.  “Pelaku diduga akan menjual atau mengedarkan obat farmasi berupa tablet, sehingga kami amankan,” terangnya.
Penangkapan pelaku dilakukan lantaran ada informasi dari warga sekitar terkait penjualan pil. Setelah ditangkap, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 287 butir tablet warna putih dengan logo Y, 7 botol plastik. Termasuk uang tunai hasil penjualan sebesar Rp 170 ribu dan 1 klip plastik.
Nanang menambahkan, saat ditangkap pelaku tidak ada perlawanan. “Pelaku mengaku sudah melakoni bisnis ini setahun. Tidak hanya memakai untuk konsumsi pribadi, tapi juga menjual Pil Y,” terangnya.
Di hadapan penyidik, Khoirul Anam yang sudah menjadi tersangka mengaku, sehari-harinya dia menganggur. Dari penjualan pil yang sejatinya butuh izin khusus untuk penjualannya tersebut, pelaku mendapatkan uang dan selebihnya dikonsumsi sendiri.
Pelaku langsung digelandang ke Polres Pasuruan dengan dugaan menerima, menjadi perantara dalam jual beli dan memiliki atau menyimpan barang terlarang. Pelaku bisa dijerat dengan Pasal 197 Subs Pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun.(rdb/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :