Pabrik Spons Sandal Luluh Lantak


MALANG - Api melalap sebuah gudang spons di dusun Sumberawan RT 06 RW 03 desa Toyomarto Kecamatan Singosari. Si jago merah melahap peralatan pembuat spons sandal beserta furnitur lain yang ada di dalam gudang. Saking besarnya api, bangunan itu juga ambruk menjadi tumpukan arang.
Armada PMK dari Bidang PPBK Kabupaten Malang dan personel pemadam diluncurkan untuk mematikan api yang meluluhlantakkan bangunan milik Riamin, 46. Agus Karyanto, Kasie Penanggulangan Kebakaran mendampingi Goly Karyanto Kabid PPBK Kabupaten Malang mengatakan, ada dua unit pemadam yang meluncur ke lokasi kebakaran.
“Dua unit dan 8 personel berangkat. Kami menerima laporan 07.10 dan tiba di lokasi 07.30. Pemadaman dan pendinginan tuntas pukul 08.15,” kata Agus Ambon kepada Malang Post, Selasa siang. Api membakar 8 buah mesin pencetak sandal, lem sandal, spons hingga kayu-kayu di lokasi.
Sedangkan gudang yang ambruk memiliki dimensi 6 x 12 meter. Dari informasi para saksi, tidak ada yang tahu awal kebakaran yang membara dan membuat panik warga dusun Sumberawan ini. Tahu-tahu, sekitar pukul 06.30, Samiadi, 45, warga dusun Sumberawan, yang sedang membonceng anaknya ke sekolah, melihat kepulan asap dan api dari lokasi kejadian.
Api dan asap sudah mengepul sekitar pukul 06.30,” kata Kapolsek Singosari, Kompol Untung Bagyo Rianto kepada Malang Post. Dia mengatakan, setelah api dan asap membumbung tinggi, warga sekitar berupaya sebisanya menyirami gudang pembuatan spons itu dengan air.
Tapi, karena banyaknya bahan yang mudah terbakar, kebakaran sulit dipadamkan dengan siraman air biasa. Tak lama, petugas PMK Kabupaten Malang yang tiba di lokasi, dengan pengawalan Polsek Singosari, menyemprotkan air ke arah titik api. Sekitar pukul 08.15, PMK Kabupaten Malang berhasil menjinakkan api, dan meninggalkan lokasi.
Kerugian yang dialami korban disinyalir mencapai Rp 300 juta. “Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik. Berkat kerjasama petugas PMK, polisi dan warga sekitar, api benar-benar padam jam 8 pagi,” tutur Untung.(fin/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :