Pak RT Sikat 5 Slop Rokok


MALANG - Menjabat sebagai Ketua RT, seharusnya memberi contoh yang baik. Namun tidak demikian dengan Jumai, warga Jalan Pendowo, Desa Jeru Kecamatan Turen. Dia malah mencuri, hingga harus berurusan dengan polisi sejak Senin (15/7).
Pria berusia 49 tahun ini ditangkap petugas Reskrim Polsek Turen. Penangkapannya setelah ada laporan dari pemilik toko Amin Jaya, Yuni Handoko, 39, warga Jalan Tendean, Kelurahan/Kecamatan Turen.
"Tersangka kami tangkap di rumahnya. Barang buktinya 5 slop rokok merek Gudang Garam Surya serta sepeda motor Yamaha Vega N-2527-CI yang menjadi sarananya," ujar Kanitreskrim Polsek Turen, Iptu Soleh Mashudi.
Diperoleh keterangan, tersangka merupakan karyawan di toko Amin Jaya, yang berada di Jalan Panglima Sudirman, Turen. Dia bekerja di bagian gudang. Tugasnya menerima barang yang keluar dan masuk di gudang.
Aksi pencurian yang dilakukan tersangka Jumai ini, tidak hanya sekali. Tetapi sudah berulang kali. Terhitung lebih dari tujuh kali tersangka melakukan pencurian.
Modus operandinya, ketika ada kiriman barang berupa rokok masuk di dalam gudang, oleh tersangka beberapa slop rokok diambil. Kemudian dimasukkan ke dalam kardus kosong yang sudah disiapkan.
Setelah barang yang diincar sudah masuk dalam kardus, oleh tersangka barang curian itu disembunyikan. Kemudian setelah aman saat akan pulang, barang curian itu lantas dibawa kabur. Untuk menghilangkan jejak, beberapa slop rokok hasil curian dijual ke toko lain.
"Berdasarkan pengakuannya, tersangka sudah tujuh kali mencuri. Setiap kali beraksi, mengambil beberapa slop rokok yang nilainya jutaan," jelas mantan Kanitreskrim Polsek Dampit ini.
Terungkapnya aksi pencurian, bermula dari kecurigaan korban. Karena antara barang masuk dan keluar ada selisih. Selanjutnya, korban melakukan audit dan ternyata ada beberapa slop rokok yang hilang.
Lantaran merasa dirugikan, akhirnya korban melapor ke polisi. Berangkat dari laporan itulah, polisi lantas menyelidiki dan akhirnya menangkap tersangka Jumai.
"Saya terpaksa mencuri karena butuh uang untuk membayar utang. Hanya rokok saja yang saya curi," ucap tersangka Jumai di hadapan penyidik.(agp/lim)

Berita Terkait