Sebagai Wali Kota, Moch. Anton Serius Membangun Kota



Malang-post.com - Menyusul beralihnya status Wali Kota Malang (nonaktif) Moch. Anton dari terdakwa menjadi terpidana usai vonis dijatuhkan, beberapa tokoh masyarakat memberikan komentarnya. Terkait sosok Anton sendiri selama menjabat sebagai kepala daerah.
Ketua PCNU Kota Malang KH Isroqunajah mengungkapkan rasa prihatinnya atas apa yang menimpa Anton. Ia menilai apa yang dilakukan Anton selama memimpin sedikit banyaknya dapat dirasakan manfaatnya.
“Kampung-kampung tematik kan semakin berkembang saat kepemimpinannya. Saya rasa Abah juga sosok yang dekat dengan masyarakat. Maka atas apa yang dialami kami sangat prihatin semoga ia dan keluarga diberi ketabahan,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Is ini.
Ia juga mengungkapkan bahwa Anton pun sebelum akhirnya terjerat kasus hukum sudah tidak ingin menjabat sebagai wali kota. Akan tetapi atas dorongan banyak pihak, ia mau mengemban amanah untuk maju lagi.
Hal ini menurut Gus Is merupakan sebuah bentuk bahwa masyarakat masih percaya dengan sosok Anton untuk memimpin.
Hal yang sama juga dilontarkan Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Malang Dr. Abdul Haris, MA saat dimintai tanggapan. Ia mengungkapkan jika Anton merupakan sosok yang serius ingin membangun Kota Malang.
“Dan mengayomi semua warganya yang beragam latar belakangnya. Kalau abah sampai kena kasus hukum saya rasa karena korban sistem yang tidak sehat. Kalau lihat track record mestinya hukuman kurang dari 2 tahun ya,” pungkasnya.
Tokoh masyarakat pun juga memberikan tanggapannya. Salah satunya datang dari penggagas Kampung Go Green Glintung Ir. Bambang Irianto. Ia menggambarkan Anton sebagai sosok pekerja yang ulet dan jujur.
“Hanya karena sistem yang membuatnya akhirnya harus berurusan dengan penegak hukum. Kampung Glintung tidak pernah meminta-minta bantuan. Tapi setelah warga kerja keras, Abah Anton selaku wali kota ikut membantu hal-hal yang menjadi kewajiban pemerintah. Abah selalu mendorong warga untuk mandiri dulu,” paparnya.
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya Ariful Huda pun melontarkan jika Anton juga sosok kepala daerah yang cukup dekat dengan warganya.
“Selama memimpin Kota Malang di Kota Malang muncul destinasi wisata berbasis kearifan lokal serta pembangunan taman  yang melengkapi keindahan wajah kota. Dan selama ini Abah Anton juga mudah diwawancarai,” tutur Arif .(ica/ary)

Berita Lainnya :