Sopir Ngantuk, Truk Tangki BBM Hantam Tebing


PACITAN - Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur Pacitan-Solo. Sebuah mobil tangki pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) menabrak tebing pada Minggu (24/2) siang. Mobil tersebut terguling di ruas jalan Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan.
Akibat kejadian tersebut, kernet bernama Sofyan Dwi Armanto (31) mengalami cedera di kepala. Korban dilarikan ke RSUD setempat. Sedangkan pengemudi, Dwi Candra Widi Asmoro (27) selamat.
Seperti informasi dihimpun, kejadian bermula saat tangki bernomor polisi B 9782 TEI itu melaju dari arah Solo. Saat melintasi jalan menikung di Dusun Pelem, kendaraan hilang kendali dan menghantam tebing. Sopir diduga mengantuk.
"BBM diangkut dari Boyolali untuk dibawa ke Pacitan. Tapi sampai di TKP pengemudi kelelahan dan mengantuk. Akhirnya tidak dapat mengendalikan kendaraan," kata anggota Satlantas Polres Pacitan, Bripka Dian Ocktrimawan, Minggu (24/2).
 BBM sebanyak 24 ribu liter pun tumpah. Muatan tersebut terdiri dari pertalite, pertamax dan solar masing-masing 8000 liter. Rencananya, sisa BBM yang tersisa di dalam tanki akan dievakuasi dengan cara disedot. BBM tersebut akan dikirim ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 01 dan 02 Kecamatan Kota.
Hingga pukul 15.30 petugas Satlantas Polres Pacitan masih berada di lokasi. Dua unit mobil pemadam juga disiagakan untuk mencegah kebakaran. Salah satu warga Ribut Setiono (49) mendengar detik-detik tergulingnya tangki. Kala itu ia mengaku panik.
"Tiba-tiba terdengar bunyi 'bleng'. Lalu ada suara mendesis. Takut terjadi ledakan, saya pulang terus mengungsikan ibu saya. Nah, waktu itu ada suara ledakan. Nggak tahu apa yang meledak," kata Ribut.(dtc/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :