Suami Dipenjara, Jadi Simpanan


MALANG – Hukuman penjara bagi pelaku kejahatan, berdampak banyak pada kehidupan normal. Tak hanya menghancurkan kehidupan pelaku yang dibui, keluarga pelaku juga acapkali menjadi korban. Begitu juga, Amel, 35, yang harus membesarkan dua anak dari Ronald, 38, yang kini mendekam di lapas karena kasus narkoba.
Amel, pada tahun 2000-an, menerima pinangan Ronald, warga Malang. Mereka akhirnya hidup bersama dan melahirkan satu buah hati. Karena pekerjaan Ronald yang belum stabil, keduanya masih mengandalkan bantuan sanak famili dan orangtua. Tekanan hidup, sepertinya memaksa Ronald berbuat nekat.
Dia berani terjun dalam lingkaran setan peredaran narkotika di Malang tanpa sepengetahuan keluarganya. Awalnya, tentu saja kehidupan mereka mulai berubah. Barang mewah silih berganti dikenakan oleh Amel dan anaknya. Di mata keluarga, kehidupan pasangan ini mulai meningkat. Namun, tidak ada yang tahu bahwa kehidupan pengedar narkoba sangat berisiko.
Benar saja, suatu malam, rumah yang ditinggali Ronald dan Amel, digerebek petugas. Ronald disinyalir mengedarkan sabu, berdasarkan pengakuan orang lain yang membeli dari Ronald. Terbukti, bungkusan sabu yang disembunyikan di almari dan televisi, ditemukan oleh polisi. Ronald langsung digelandang dan dipenjara.
Setelah Ronald masuk penjara, keluarganya berupaya membiayai bersama-sama Amel dan anaknya. Bertahun-tahun, Ronald akhirnya keluar dari penjara. Namun, lingkaran setan kembali mendatangi Ronald. Dia tertangkap untuk kali kedua. Sekarang, keluarga Ronald yang sudah habis-habisan membiayai Amel, tak lagi mampu menyokong kehidupannya.
Amel, dalam tekanan ekonomi, mencari pekerjaan di dunia abu-abu. Hingga akhirnya, dia menjadi pemandu lagu. Dalam kondisi terpincang-pincang, anaknya tidak bisa sekolah seperti kebanyakan temannya. Bertahun-tahun lamanya, Ronald keluar lagi dari penjara. Tapi, dia yang sudah terjerat lingkaran kejahatan, akhirnya tertangkap lagi.
Amel pun berhenti berharap pada Ronald. Dia pergi dari rumah yang ditinggalinya bersama keluarga itu, dan menjadi simpanan dari pria lain untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.(fin/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :